Waktu merupakan sesuatu yang vital, yang tidak bisa ditarik kembali yang telah dilalui. Seorang yang aktif dalam bekerja juga masih berstatus mengikuti kampus. Maka adalah hal wajib bagi Anda untuk mengelola waktu saat ini, apalagi usia Anda masih tergolong remaja. Aktif bekerja dan ngampus?

Artinya Anda harus baca artikel ini :

Banyak yang ingin dicapai orang yang aktif atau aktivis. Ada beberapa hal yang ingin dicapai, seperti “Agent of change, Social Control, iron stock, moral force”.  Untuk mencapai hal-hal tersebut harus memiliki manajemen waktu yang bagus. Merkipun begitu ketika kamu berhasil memanajemen hal-hal tersebut dengan baik, manfaat yang tidak akan ditemukan di buku manapun akan dating.

Namun, dari semua kegiatan yang dicapai, waktu menjadi arti penting dan berharga. Waktu adalah sesuatu yang tidak dapat kita dapat kita ulangi kembali, kebanyakan orang mengatakan waktu adalah uang. Maka dari itu jangan menghabiskan waktu hanya untuk kewajiban kita, kita harus membagi untuk kegiatan yang lainnya. Berikut beberapa tips memanajemen waktu yang baik :

  1. Buatlah skala prioritas setiap kegiatan

skala-prioritas

Manajemen waktu yang baik bukan dari bagaimana Anda menghabiskan waktunya dengan kepadatan aktivitas, melainkan bagaimana Anda dapat memanfaatkan waktu dengan produktif, efektif dan efisien. Anda  juga harus memiliki target dan tujuan yang jelas dari setiap aktivitas yang Anda lakukan. Hal itu akan tercapai dengan membuat skala prioritas. Bagi Anda seorang pekerja dan masih berstatus ngampus dan masih memiliki pekerjaan lain. Perlu sekali skala prioritas waktu Anda, mana yang lebih didahulukan (urgent) dan mana yang dapat menunggu untuk dikerjakan.

  1. Tidak menunda kegiatan yang penting

now-later

Bila Anda seorang aktivis bahkan seorang pengusaha, sangat wajar jika jadwalnya dipadatkan oleh aktifitas-aktifitas yang penting. Jika ada kegiatan yang harus dikorbankan, korbankan manakala itu hal yang tidak penting atau urgent dan telah terseleksi oleh point oleh nomor 1 “skala prioritas”.

Maka dari itu untuk hal-hal yang sangat penting, Anda harus berani berkata tidak untuk “tidak menundanya”. Jalankanlah kegiatan tersebut sehingga kamu lebih tenang untuk melanjutkan kegiatan berikutnya.

  1. DO IT NOW

Do-It-Now-Sticky-Note

Dr. Jan Yager mengemukakan dalam bukunya tentang manajemen waktu. Memberikan rumus untuk memudahkan bagi Anda memanajemen waktu agar lebih produktif. Adalah berikut :

  • D = Divide (bagi-bagilah tugas).
  • O = Organize (atur bagaimana melaksanakannya).
  • I = Ignore (abaikan gangguan).
  • T = Take (ambil peluang).
  • N = Now (lakukan sekarang juga, jangan menunda-nunda).
  • O = Opportunity (ambil kesempatan selagi ada).
  • W = Watch out (waspada dengan waktu yang terus berjalan).

Sangat membantu sekali bagi Anda aktivis untuk memanajemen waktu Anda agar lebih produktif.

” Waktu yang termanajemen akan membuat kita menuju kesuksesan didepan. “

salam berkelimpahan, semoga bermanfaat

www.bisniscoaching.com

 Sumber : guetau.com

Direktori Web Rank Indonesia