Bisnis online sangat erat kaitannya dengan kepercayaan  konsumen terhadap produk yang ditawarkan. Bagi para pebisnis online harus berhati – hati ketika menawarkan produknya, karena ada hal – hal yang dilakukan baik secara sengaja maupun tidak sengaja yang dapat menimbulkan keraguan konsumen.

tips pemilik olshop

Misalnya kondisi barang yang diterima konsumen tidak sesuai dengan deskripsi atau gambar yang ditampilkan oleh penjual, penjual sulit dihubungi ketika konsumen telah mentransfer pembayaran. Menurut seorang internet marketer bernama Shaun Rasulov, untuk menghilangkan keraguan konsumen yang dapat dilakukan dengan beberapa hal berikut ini :

  1. Buat tampilan toko online yang menarik dan mudah diakses

1-tampilan toko online

Tampilan toko online yang menarik dan rapi dapat memberikan kesan yang baik bagi konsumen, sehingga konsumen akan tertarik untuk mencari informasi tentang produk yang ditawarkan. Hindari informasi yang tidak terlalu penting tetapi memenuhi halaman toko online. Pastikan pula tautan yang ditampilkan pada toko online dapat diakses.

  1. Berikan kebijakan pengembalian barang yang jelas

2informasi kontak seller

Adanya informasi yang jelas dan lengkap tentang aturan pengembalian barang juga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap sebuah bisnis online. Informasi yang disampaikan dapat berupa kategori barang apa saja yang bisa dikembalikan oleh pembeli, lama garansi produk, siapa yang membayar biaya pengembalian barang, hingga jaminan kepuasan pelanggan.

  1. Deskripsikan produk secara rinci dan tampilkan review

3review produk-tips olshop

Tampilkan foto produk yang jelas, dan berikan deskripsi yang jujur dan jelas supaya konsumen tidak kecawa ketika menerima produk yang ditawarkan. Selain itu, keraguan konsumen juga dapat dihilangkan dengan adanya testimonial atau review produk yang baik pada tertera pada situs toko online.

  1. Berikan informasi kontak yang jelas

Woman in home office with computer using telephone smiling

Konsumen tidak akan ragu ketika penjual mudah dihubungi . Maka, pemilik bisnis online sebaiknya memberikan kontak alamat email, nomor ponsel, layanan instant messaging. 

  1. Gunakan jasa kurir yang terpercaya

5kurir-jasakurir

Konsumen dapat melihat keseriusan suatu bisnis online dari jasa kurir yang digunakan untuk mengirim barang pesanan. Maka sebaiknya gunakan jasa pengiriman barang yang sudah terpercaya dan memiliki kredibilitas.

  1. Berikan pilihan pembayaran

6pembayaran olshop

Tidak semua bank melakukan free of charge, maka gunakan beberapa akun bank yang berbeda untuk memudahkan pembeli mentransfer biaya yang harus dibayarkan.

Sumber : netpreneur.co.id