Periode 2016 mulai berakhir, saatnya untuk memulai rencana 2017. Bagi seorang pemilik usaha berarti juga untuk mempersiapkan ‘finansial’ untuk menyambut tahun baru dengan mengikuti tips-tips agar menjaga bisnis tetap berjalan, berkembang dalam jangka panjang.

tujuan bisnis ibizcoach

Tinjau ulang rencana bisnis anda,

Jika anda sudah memiliki bisnis atau menjadi pemilik usaha, kemungkinan anda sudah memiliki rencana bisnis yang mencakup :

Ringkasan bisnis, deskripsi perusahan, analisa pasar pesaing, struktur organisasi, deskripsi produk/jasa, dan cara-cara bagaimana memasarkan bisnis anda, serta tak lupa proyeksi keuangan dalam perusahaan anda. Mengapa hal tersebut dibutuhkan ?

review bisnis 2016

Informasi-informasi tersebut tidak hanya memandu anda sebagai pemilik usaha untuk mengambil keputusan, tetapi juga sebagai indicator keadaan bisnis anda. Meskipun sebagian besar rencana bisnis dipersiapkan baik selama beberapa tahun, tidak ada salahnya untuk memastikan bahwa Apakah rencana awal anda masih sesuai dengan situasi bisnis anda saat ini ?..

Fokus pada profitabilitas

keuntungan

Salah satu kesalahan paling umum yang dialami pemilik bisnis adalah ketika mereka menempatkan kembali dana pada perusahaan mereka, perusahaan tersebut hanya tumbuh saja tanpa berfokus pada bagaimana menjadi lebih menguntungkan ?..

Mengapa hal tersebut sering terjadi ?, salah satu contoh adalah perusahaan yang tumbuh terlalu cepat dan berakhir dengan cepat mengalami masalah arus kas  dengan melakukan hal-hal seperti mempekerjakan terlalu banyak orang, namun tidak dapat mencukupi pendapatan untuk membayar mereka.

definis profit

Lalu bagaimana mengatasi hal tersebut ?, setidaknya hal-hal tersebut dapat anda cegah dengan membuat model keuangan yang memperhatikan pengeluaran anda, menilai rencana pemasaran anda, membangun proyeksi dari bawah sampai atas, memeriksa hasil dari atas maupun bawah dan menemukan titik puncaknya. Langkah ini dapat memandu anda dalam meningkatkan keuntungan dalam bisnis dan usaha anda.

profit

Tetapkan tujuan yang terukur

Mulailah dari hal kecil, yang dapat anda raih dan berlanjut seterusnya pada tujuan yang besar dalam bisnis anda, contoh pada tahun 2017 bulan januari anda harus memiliki tujuan yaitu penghematan, ingat bahwa tujuan tersebut harus terukur, dapat dicapai, realistis dan tepat waktu. Dengan hal tersebut anda dapat membangun dana darurat yang dapat menjaga kegiatan bisnis seperti operasional selama tiga sampai enam bulan ketika diperlukan.

business-coach

Evaluasi proses bisnis anda

Luangkan waktu anda beberapa saat untuk mengevaluasi proses bisnis anda, sehingga anda dapat melihat daerah mana yang efektif dan berjalan dengan lancar dan mana yang tidak