Mengelola sumber daya manusia tidaklah mudah, dan tidak ada yang mengetahui secara langsung bagaimana melakukannya. Beruntungnya, manajemen dapat dipelajari.

Ikuti empat langkah sederhana berikut ini, yang mudah untuk diaplikasikan.

  1. Tetapkan tujuan yang tepattodo_list

Penetapan tujuan adalah hal yang penting. Hal ini membantu karyawan untuk memprioritaskan kegiatan mereka dan memfokuskan upaya mereka. Ketika menetapkan tujuan dengan karyawan, Anda harus memastikan bahwa mereka adalah tujuan SMART (Spesific, Measurable, Action oriented, Realistically high, Time and resource bound ) yaitu, spesifik yang terukur, berorientasi pada aksi, realistis yang tinggi dan sumber daya yang terikat. Tujuan yang ditetapkan juga harus bermakna bagi karyawan.

SMART GOALS

Imbalan yang cukup untuk mencapai tujuan dan konsekuensi untuk kegagalan yang harus ditentukan, untuk memastikan bahwa tujuan dan apa yang dibutuhkan dalam mencapai tujuan ada dalam daftar “To Do” karyawan.

Menjelang akhir hidupnya, H.L. Hunt, seorang miliarder minyak buatannya sendiri, diminta untuk menyebutkan persyaratan untuk sukses. Dia menjawab, “Hanya dua persyaratan nyata untuk sukses dalam hidup.

 Syarat pertama adalah memutuskan apa yang Anda inginkan (menetapkan tujuan), kebanyakan orang tidak pernah sampai ke titik tersebut.

Syarat kedua adalah menentukan harga yang harus dibayar untuk mendapatkannya, dan kemudian menyelesaikan pembayaran atas harga tersebut.

  1. Mengembangkan rencana untuk mencapai tujuan

management teach

Setelah menetapkan tujuan dengan karyawan, menyusun rencana untuk mencapainya.

Untuk mencapai setiap tujuan individu, karyawan harus berkomitmen untuk serangkaian tindakan. Sebuah “gol” tanpa rencana tindakan hanyalah mimpi, tidak akan nyata dan tidak mungkin terjadi.

Kebanyakan orang tidak mengerti bagaimana untuk memecahkan proyek yang lebih besar, padahal tujuan atau tugas menjadi langkah-langkah yang harus ditindaklanjuti. Sebagai manajer, anda dapat menggunakan pengalaman dan pengetahuan untuk membimbing karyawan. Menjaga tindakan atau kegiatan agar menjadi luar biasa dengan membatasi karyawan dengan apa yang cukup dicapai dalam waktu dua minggu, menetapkan tanggal dan batas waktu yang wajar dalam mencapai target, karena ketika karyawan menyelesaikan tugasnya, mereka akan membuat langkah atau tindakan yang diperlukan dalam menyelesaikan pekerjaan mereka secara tepat waktu.

Akhirnya, dengan melakukan pertemuan dari setiap waktu akan memberikan mekanisme untuk memeriksa kemajuan dan menciptakan batas waktu alami untuk staf atau karyawan anda. Pertemuan tersebut bisa dengan 15 menit atau selama satu jam, yang terdiri dari 3 segmen.

meeting

Segmen pertama :  berisi laporan atas kemajuan pekerjaan karyawan, segmen kedua : Memberikan umpan balik dan membantu mengatasi hambatan yang ada dalam pekerjaan mereka, segmen ketiga : Langkah baru, seperti tanggal dan tenggat waktu dalam penyelesaian tugas masing-masing.

  1. Memberdayakan karyawan

coach

Untuk memaksimalkan kemungkinan karyawan anda akan mencapai tujuan mereka, berdayakan mereka. Dengan tiga hal,

Pertama Anda harus melatih karyawan anda untuk melakukan tugas-tugas yang diperlukan dalam mencapai tujuan mereka, termasuk memberikan waktu terhadap karyawan anda untuk berlatih ketrampilan baru sehingga mereka menjadi mahir.

Kedua, memotivasi orang-orang anda. Imbalan untuk sukses dan konsekeunsi untuk kegagalan yang didapatkan. Namun perlu diingat bahwa lingkungan yang hanya mengandalkan imbal balik akan menciptakan budaya disfungsional, karena jika berlebihan anda akan memiliki karyawan yang ketakutan jika membuat kesalahan, hal ini menyebabkan kondisi tidak kondisif dalam produktivitas jangka panjang.

manajemen

Ketiga, meminimalkan penghalang dalam mencapai tujuan yang berada dalam kendali perusahan, Pastikan bahwa karyawan anda memiliki peralatan dan informasi yang mereka butuhkan untuk melakukan pekerjaan mereka. Meminimalkan hambatan juga termasuk melakukan pengembangan kebijakan dan prosedur yang lebih efektif.

  1. Menilai kinerja dan membuat penyesuaian.

Setelah tiga langkah diatas dilakukan, anda akan memerlukan penilaian kinerja dan membuat perubahan pada hal-hal yang diperlukan. Kita tidak berbicara tentang evaluasi kinerja tahunan, tinjauan formal mungkin terjadi hanya sekali setahun, akan tetapi manajemen yang efektif memerlukan penilaian kinerja yang jauh lebih sering.

management

Untuk karyawan yang baru dalam sebuah organisasi atau masih mempelajari tugas baru, anda mungkin perlu untuk menilai kinerja sehari-hari mereka atau lebih sering meninjau pekerjaan mereka. Anda dapat berjalan-jalan di sekitar dimana karyawan anda bekerja, berhenti untuk berbicara dan mengajukan pertanyaan mereka, akan tetapi tetaplah bersedia jika ada karyawan anda merasa kesulitan dalam menyelesaikan pekerjaan mereka.

Karyawan yang telah menunjukkan kompetensi mungkin hanya memerlukan peninjauan atau pertemuan mingguan agar tetap di jalur pekerjaan mereka. Akan tetapi, dalam kedua kasus tersebut anda harus berperan aktif dalam memantau dan memberi saran atas kinerja mereka, hal ini menguntungkan baik dalam organisasi maupun bagi karyawan itu sendiri.

focus

Mengelola sumber daya bukan hal yang mudah, karena hal ini bukan merupakan ilmu pasti dan tidak ada hal ajaib untuk memastikan anda selalu bisa melakukannnya dengan benar. Bahkan, anda tidak akan selalu benar. Sekalipun manajer yang luar biasa pun membuat kesalahan.

Dengan melakukannnya, anda dapat meningkatkan kemampuan manajemen anda, dan memberikan upaya pada hal-hal yang diperlukan.

Akan tetapi jika perusahaan anda akan berkembang, keterampilan anda sebagai seorang manajer akan menjadi sangat penting.

sumber : www.entrepreneur.com