Banyak pemimpin yang memiliki ide yang baik ( visioner ), beberapa dari mimpi para pemimpin berasal dari apa yang perusahaan dapatkan dan apa yang dapat menginspirasi tenaga kerjanya. Mimpi tersebut akan menjadi nyata jika dieksekusi dengan benar atau hanya menjadi sekedar mimpi dari visi yang terlupakan.

Banyak yang telah mempelajari dan menulis tentang bagaimana mewujudkan ide-ide yang ada, akan tetapi hanya sedikit buku-buku yang berisi tentang sebuah kisah tentang bagaimana kegagalan dan kelemahan manusia sering terjadi dan bagaimana bagian tersebut menjadi upaya sebuah kesuksesan.

Secara keseluruhan, setengah dari perusahaan yang memiliki kesadaran yang kuat tumbuh lebih cepat dibanding dengan perusahaan-perusahaan yang lain. Perusahaan yang memfokuskan diri dari kesempatan yang sesuai dengan keterampilan dan tujuan terbaik serta menginvestasikan  secara selektif dan memeluk kebuadayaan perusahaan daripada mencoba untuk menciptakan sesuatu yang baru.

berikut 5 tindakan strategi yang efektif :

1. Komitmen dengan identitas, bukan hanya berfokus pada pertumbuhan.  

strategic-planning-sm

Sebuah perusahaan akan menjadi lebih jelas ketika berpikiran tentang siapa saja yang menjadi bagian dari perusahaan, apakah memungkinkan bagian tersebut (tenaga kerja, pemimpin dan semua elemen perusahaan) dapat mengejar tujuan-tujuan yang sudah digambarkan di dalam perusahaan.

2. Menyampaikan “strategi” setiap waktu.

budaya-perusahaan

 

Mencari tahu kemampuan anda dan perusahaan apakah benar-benar sesuai dengan tujuan strategi anda. Menghubungkan strategi masing-masing bukan untuk bertujuan untuk mencari keunggulan masing-masing, akan tetapi menyelaraskan strategi agar dapat mencapai tujuan secara efektif.

3. Membuat budaya dalam perusahaan.

pendapat

Budaya perusahaan tidak selalu perlu menggunakan sebuah mesin dalam mendorong pertumbuhan perusahaan , dengan menentukan kekuatan dan memanfaatkan sumber daya. Seperti sebuah re-organisasi tanpa menyingkirkan dan mengubah seseorang maupun sistem.

“ Budaya yang dibangun harus mendukung strategi anda”

4. Potong biaya untuk pertumbuhan yang lebih kuat.

pangkas biaya

 

Memotong biaya yang tidak penting dan menempatkan sumber daya sesuai dengan apa yang dilakukan akan jauh lebih menjadi efektif dalam perusahaan, dan jika anda benar-benar berhasil dalam membangun komitmen untuk identitas perusahaan anda dan menempatkan budaya perusahaan dalam bekerja, langkah memotong biaya tidaklah sulit.

5. Bentuk Masa depan anda

strategy

tidak ada jaminan kesuksesan jika anda tidak berkomitmen pada diri anda. Diperlukan sebuah kemampuan untuk kembali membayangkan apa yang akan anda ciptakan dalam perusahaan anda, dimana pasar yang membuat perusahaan anda berkembang ?, tetap berinovasi dengan kemampuan anda, karena anda memiliki peran besar dalam menyeleraskan perusahaan anda.

Steve Jobs menjelaskan, bahwa kesuksesan Apple adalah ketika perusahaan tersebut berhasil melepaskan diri dari pertempurannya dengan Microsoft, “ Apple harus ingat siapa Apple”, tidak perlu mencoba mengalahkan Microsoft. “ Strategi, adalah untuk memutuskan kita ingin menjadi siapa dan bagaimana melakukannnya”.

 

Sumber : Shellie Karabell, forbes.com