Bekerja di bidang sales itu gampang-gampang susah. Sebagian orang merasa mendapat tantangan berat karena selalu di hadapkan dalam sebuah target. Rahasia menjadi sales sukses sering dilihat dari angka-angka penjualan, meskipun tidak selalu begitu.

Pada dasarnya, penjual dan pembeli adalah manusia yang punya emosi atau berperasaan. Oleh karena itu sales yang sukses adalah yang pandai membangun hubungan dengan calon klien, prospek, atau konsumen. Lalu pertanyaannya, bagaimana menjadi sales yang sukses?

Menurut startupbisnis.com, inilah sifat sales yang sukses :

1. Memiliki Ketegasan (Assertiveness).

Ketika Anda ingin jadi sales sukses, Anda perlu memiliki ketegasan. Sifat ini memungkinkan Anda untuk mendorong penjualan tanpa mengganggu pelanggan. Sikap ketegasan bukan pasif dan bukan juga agresif. Sebagai contoh, apabila Anda berpikir seorang pelanggan sedang menunda keputusan mereka. Setidaknya ada tiga respon dasar:

Pasif:Bisakah Anda menghubungi saya apabila Anda sudah membuat keputusan?”

Agresif:Bila Anda tidak membeli sekarang, penawaran ini segera berakhir.”

Asertif:Bisakah Anda memberi tahu waktu dan tanggal spesifik Anda membuat keputusan akhir?

2. Kesadaran Diri (Self-Awareness).

Untuk membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan Anda harus mampu mengidentifikasi emosi Anda sendiri, mengerti bagaimana emosi Anda bekerja, dan kemudian memanfaatkan emosi tersebut. Berikut keempat tahap prosesnya: 1.)Identifikasi emosi yang sedang Anda rasakan, 2.)Prediksikan bagaimana emosi tersebut mempengaruhi usaha penjualan Anda berdasarkan pengalaman Anda, 3.)Minimalisir emosi negatif yang mungkin menghambat penjualan, 4.)Memperluas emosi positif yang dapat membantu Anda untuk melakukan penjualan.

3. Memiliki Empati (Empathy).

Empati mencakup perilaku Anda terhadap mood dan emosi pelanggan. Hal ini dapat dimulai dari mendengarkan dan mengamati, tapi sekedar mengetahui apa yang mungkin sedang dirasakan pelanggan tidaklah cukup. Apabila Anda ingin membangun hubungan yang lebih baik, Anda perlu menunjukkan empati dan dapat membayangkan perasaan khawatir pelanggan Anda.

4. Bisa Menyelesaikan Masalah (Problem Solving).

Kemauan dan kemampuan menyelesaikan sebuah masalah dapat membantu Anda untuk menciptakan cara-cara baru untuk memuaskan kebutuhan pelanggan. Melihat situasi pelanggan bisa dilakukan dengan cara-cara berikut; 1.)Membantu pelanggan untuk menvisualisasikan situasi yang lebih diinginkannya, 2.)Merancang sebuah cara yang dapat menggerakkan pelanggan dari keadaan sekarang menuju keadaan yang menjadi tujuannya. 3.)Mengkomunikasikan solusi tersebut dengan jalan yang membiarkan pelanggan lebih mudah untuk membuat sebuah keputusan.

5. Optimisme (Optimism).

Optimisme adalah kunci dari banyak aspek kesuksesan, termasuk saat menjadi sales. Sikap optimis menginterpretasikan hal-hal yang terjadi setiap harinya secara positif. Optimisme membantu Anda bertahan dan tetap tenang ketika hal-hal berlangsung dengan tidak baik.

Sekarang Anda bisa mempelajari lebih jauh menjadi sales yang sukses. Anda bisa mengikuti workshop kami yaitu Be A Great Sales pada tanggal 23 Agustus 2017. Mau tahu lebih banyak tentang workshop ini? Hubungi nomor whatsapp 0811-265-2244.