Total Quality Management (TQM) adalah pendekatan manajemen berfokus pada peningkatan kualitas dan kinerja di semua fungsi, departemen, dan proses di seluruh perusahaan untuk memberikan layanan berkualitas yang melebihi harapan pelanggan. TQM memperluas ruang lingkup kualitas setiap departemen dari manajemen puncak kepada karyawan tingkat yang lebih rendah. Hal ini memungkinkan manajemen untuk mengadopsi pendekatan strategis untuk kualitas dan lebih berupaya pada pencegahan daripada pada pemeriksaan. Melalui TQM, semua karyawan dilatih secara profesional dan didorong untuk membuat keputusan sendiri untuk meningkatkan kualitas secara keseluruhan dan mencapai standar yang lebih tinggi. Ini adalah kunci untuk mencapai hasil TQM diinginkan, karena tanpa karyawan di papan dan perasaan diberdayakan, Anda mungkin juga akan berenang hulu.

Melalui TQM, perusahaan meningkatkan kepuasan pelanggan, mengurangi biaya, dan kerja tim asuh. Perusahaan juga dapat memperoleh hasil yang lebih tinggi dari penjualan dan investasi. kemampuan untuk memberikan layanan berkualitas memungkinkan untuk harga yang lebih tinggi yang akan dikenakan. Total kualitas berarti akses yang lebih baik ke pasar global, loyalitas pelanggan yang lebih besar, pengakuan yang lebih luas sebagai merek kualitas, dll.

TQM secara luas didasarkan pada prinsip-prinsip berikut:

Pendekatan Kostumer

Konsumen adalah hakim tertinggi untuk menentukan apakah produk atau jasa yang berkualitas unggul atau tidak. Tidak peduli berapa banyak sumber daya dikumpulkan di pelatihan karyawan, mesin upgrade dan komputer, menggabungkan proses desain kualitas dan standar, membawa teknologi baru, dll .; pada akhir hari, itu adalah pelanggan yang memiliki kata akhir dalam menilai perusahaan Anda. Perusahaan harus ingat untuk menerapkan TQM di semua lini mengingat pelanggan.

prinsip-prinsip TQM

 Keterlibatan karyawan

Memastikan keterlibatan jumlah karyawan dalam mencapai tujuan dan sasaran bisnis akan mengarah pada pemberdayaan karyawan dan partisipasi aktif dari karyawan dalam membuat keputusan dan mengatasi masalah kualitas yang terkait. pemberdayaan karyawan dan keterlibatan dapat ditingkatkan dengan membuat ruang kerja lebih terbuka dan tanpa rasa takut.

Peningkatan Berkesinambungan

Komponen utama dari TQM adalah perbaikan terus-menerus. perbaikan terus-menerus akan menyebabkan peningkatan dan lebih tinggi kualitas proses. perbaikan terus-menerus akan memastikan perusahaan akan menemukan cara-cara baru dan teknik dalam memproduksi produk berkualitas lebih baik, produksi, menjadi lebih kompetitif, serta melebihi harapan pelanggan.

prinsip-prinsip TQM

Pendekatan strategis untuk Perbaikan

 Bisnis harus mengadopsi pendekatan strategis terhadap peningkatan kualitas untuk mencapai tujuan mereka, visi, dan misi. Sebuah rencana strategis sangat diperlukan untuk memastikan kualitas menjadi aspek inti dari semua proses bisnis.

 Sistem terpadu

Bisnis terdiri dari berbagai departemen dengan tujuan fungsi yang berbeda. fungsi ini saling berhubungan dengan berbagai proses horisontal TQM berfokus pada. Semua orang di perusahaan harus memiliki pemahaman yang menyeluruh tentang kebijakan mutu, standar, tujuan, dan proses penting. Hal ini sangat penting untuk mempromosikan budaya kualitas kerja karena membantu untuk mencapai keunggulan dan melampaui harapan pelanggan. Sebuah sistem terintegrasi memastikan perbaikan terus-menerus dan membantu perusahaan mencapai keunggulan kompetitif.

terstruktur

Pengambilan Keputusan

Data dari pengukuran kinerja proses menunjukkan kesehatan saat perusahaan. Untuk TQM efisien, perusahaan harus mengumpulkan dan menganalisis data untuk meningkatkan kualitas, akurasi pengambilan keputusan, dan prakiraan. Pengambilan keputusan harus secara statistik dan situasional berdasarkan untuk menghindari setiap ruangan untuk keputusan berdasarkan emosional.

leadership prinsip-prinsip TQM

Komunikasi

Komunikasi memainkan peran penting dalam TQM karena membantu untuk memotivasi karyawan dan meningkatkan semangat mereka selama operasi sehari-hari rutin. Karyawan perlu dilibatkan sebanyak mungkin dalam operasi sehari-hari dan proses pengambilan keputusan untuk benar-benar memberi mereka rasa pemberdayaan. Hal ini menciptakan lingkungan keberhasilan dan persatuan dan membantu mendorong hasil proses TQM dapat mencapai.

Hal ini membutuhkan upaya besar, waktu, keberanian, dan kesabaran untuk berhasil menerapkan TQM. Bisnis berhasil menerapkan TQM dapat menyaksikan peningkatan kualitas di seluruh proses utama dan departemen, retensi pelanggan yang lebih tinggi, pendapatan yang lebih tinggi karena peningkatan penjualan, dan pengakuan merek global