Pelatihan Bisnis Indonesia : Pentingnya mengkombinasikan 5 variabel ini didalam marketing.

Dalam melaksanakan kegiatan pemasaran di dalam perusahaan atau suatu usaha, tanpa disadari atau tidak disadari banyak variabel yang menyebabkan perusahaan atau suatu usaha  menjadi ramai atau tidak disebabkan karena adanya  product, packaging, place, price dan promotion.

Kita sering mengkombinasikan 2 atau 3 variabel bahkan hanya menggunakan 1 variabel saja di dalam perusahaan atau suatu usaha. Sebagai contohnya, akan kita bahas satu persatu faktor tersebut.

Product (Produk)

Product  adalah barang atau jasa yang dipasarkan untuk mendapatkan perhatian, permintaan dan dapat dikonsumsi atau dipakai sesuai dengan kebutuhannya. Untuk variabel yang satu ini adalah senjata utama dalam proses penjualan.

Produk  yang unik yang sesuai dengan target pasar akan laris dipasaran namun sebaliknya jika produk itu biasa-biasa saja atau tidak ada yang spesial tentu respon pasar bisa dikatakan datar.

Lalu apa saja  yang bisa kita jual?, berbicara soal apa yang bisa kita jual itu menyangkut dengan Niche.

Jika produk anda ingin laku carilah produk yang mempunyai demand tinggi contohnya Niche kesehatan.

Produk kesehatan sangat diperlukan oleh semua kalangan baik itu balita sampai tingkat Lansia karena semua orang memerlukan kesehatan dan tidak mau sakit.

Setelah anda menemukan niche yang bagus carilah di dalam niche itu produk yang unik yang tidak dijual oleh banyak orang.

Pentingnya mengkombinasikan 5 variabel ini didalam marketing

Price (Harga)

Price adalah nilai suatu barang dalam bentuk mata uang atau benda berharga lainnya. Harga memegang peranan penting didalam proses jual beli namun harga tidak menjadi penentu laku atau tidaknya.

Harga bersifat  relative, contohnya anda menjual sepatu kulit dengan harga Rp 400.000 di kalangan ekonomi menegah kebawah.

Harga ini sangat mahal menurut mereka, tetapi jika anda menjual sepatu tersebut di kawasan elite maka harga tersebut terlihat murah bagi mereka.

Place (tempat)

Di dalam suatu penjualan, tempat bisa menjadi penentu laku atau tidaknya suatu produk sekaligus menjadi faktor penentu suatu harga.

Contohnya jika anda membeli es teh di warung pinggir jalan, tentu harganya berkisar antara Rp.2000 sampai Rp.3000 saja.

Namun berbeda jika anda membeli es teh dari sebuah caffe yang terkenal, mungkin harganya bisa berkisar antara Rp.7000 sampai Rp.10.000an. itulah yang menjadi kekuatan tempat.

Packaging (kemasan)

Jika kita berbicara soal kemasan tentu sangat berkaitan dengan tampilan visual yang membungkus suatu produk tersebut. Suatu kemasan juga bisa mempengaruhi harga atau nilai jual suatu produk.

Pernahkah anda membeli suatu baju atau celana di internet dengan tampilan gambar yang memikat serta background yang mempesona, perpaduan warna yang ciamik sehingga anda langsung memutuskan untuk membeli barang tersebut.

Setelah sampai ke rumah anda, ternyata baju tersebut biasa saja. Itulah yang disebut dengan the power of packaging. Terkadang jelek namun mempunyai kemasan yang ciamik akan mengalahkan produk yang bagus namun tampilannya atau bungkusnya biasa saja.

Promotion (promosi)

Apa gunanya jika kita mempunyai barang yang bagus, tampilan menarik, harga yang tidak terlalu mahal namun banyak orang yang tidak kenal dengan produk kita? maka yang ada produk kitapun tidak ada yang membeli bukan?

Itulah mengapa pentingnya suatu promosi. Tanpa promosi yang bagus maka barang anda mengalami penjualan yang biasa-biasa saja atau tidak memenuhi target penjualan anda.

Ke empat variabel tersebut sering disebut dengan 4 marketing mix, sebenarnya bukan hanya 4 marketing mix namun 7 marketing mix, 7 marketing mix tersebut akan anda dapatkan di materi event  kami yaitu TFCC atau Training For Candidate Coach.

Training For Candidate Coach ditunjukan bagi anda yang ingin berbagi, di event  tersebut anda akan dilatih bagaimana menjadi seorang  Coach bisnis dengan dibekali materi Finansial, Operasional, SDM serta Marketing dan Sales.

Untuk nantinya bisa membagikannya sesuai dengan daerah anda masing-masing, namun persyaratannya anda harus mempunyai minimum Omzet 50 juta/bulan.

Jika anda tertarik dengan Event ini, silahkan menghubungi kami di nomor 0811-265-2244