Kenapa seseorang membeli sebuah produk ?

Ada beberapa alasan, ketika seseorang memutuskan untuk membeli sebuah produk atau barang. Alasan tersebut tentu sangat penting bagi pelaku bisnis maupun pengusaha agar dapat memetakan tipe-tipe konsumen sesuai dengan kebutuhannya. Hal ini memudahkan seorang pelaku bisnis dalam menjalankan serta mengembangkan usahanya.

Berikut 6 alasan seseorang membeli sebuah produk ?

  1. Membutuhkan barang / produk tersebut /need

belanja bulanan

Ketika seseorang membeli sesuatu untuk memenuhi kebutuhan dasarnya, Konsumen yang membeli produk atau barang karena butuh akan lebih mempunyai jangka waktu tertentu atau terjadwal dalam membeli.

Contoh seperti ( kebutuhan pokok bulanan rumah tangga )

 

 

  1. Mengganti barang / produk miliknya / replacement

Konsumen yang ingin mengganti barang atau produknya yang lama, kemajuan teknologi dan informasi membuat banyak perusahaan terus berinovasi dalam produk atau barang bahkan jasa, banyak juga konsumen yang ingin mengganti produk atau barangnya karena mungkin fungsinya sudah tidak begitu maksimal atau ingin mengikuti trend masa kini atau dengan alasan yang lain.

Hp-JadulContoh : ( mengganti handphone yang lama karena alasan fitur yang kurang lengkap )

 

  1. Produk atau barang yang langka / urgensi, urgency – scarcity

budi warsito-pemburu barang vintageBeberapa konsumen beranggapan bahwa barang atau produk yang langka mempunyai nilai yang tinggi suatu saat, ada juga yang beranggapan untuk mengoleksi barang-barang langka atau juga berinvestasi dengan barang-barang atau produk langka.

  1. Produk atau barang mempunyai nilai yang besar ( misalkan ada diskon, promo , dsb nya) / great value

midnight sale

Konsumen yang membeli karena alasan ini, biasanya tidak terlalu membutuhkan barang atau produknya, mereka hanya melihat dari segi nilai. Seperti sedang ada promo di bulan tertentu, dan merasa sangat disayangkan jika tidak dibeli padahal belum benar-benar membutuhkan.

  1. Barang atau produk mempunyai manfaat yang baik / a good cause

manfaat barangBeberapa produk atau barang yang mempunyai manfaat yang baik bagi konsumen, atau berdasarkan rekomendasi teman atau seseorang ketika mereka mendapatkan manfaat yang baik pula.

  1. Produk atau barang mempunyai nilai pengakuan yang tinggi ( bermerek ) / name recognition

prestigeBarang atau produk yang mempunyai nilai yang tinggi dipercayai beberapa konsumen bahwa, ketika mereka memiliki barang tersebut maka nilai (sosial ) mereka turut tinggi.

Sekian, ulasan “Bagaimana cara berjualan tanpa menjual ? ” PART I

Semoga Bermanfaat, Salam Berkelimpahan.