Jika anda bertanya kepada 10 pengusaha,tentang bagaimana pentingnya karakteristik seorang pemimpin yang harus dimiliki, kemungkinan besar anda akan mendapatkan 20 jawaban yang berbeda-beda.great leader

  1. Kepemimpinan tidak diukur dari OTORITAS.

Kepemimpinan dan otoritas mungkin bisa sejalan, akan tetapi umumnya otoritas diberikan kepada individu untuk mencapai tujuan, sedangkan kepemimpinan adalah “Proses mempengaruhi orang lain untuk mencapai tujuan”.  Kedua hal tersebut bukan hal yang harus dilakukan sejalan, karena memang terkadang kepemimpinan sering terjadi tanpa adanya otoritas apapun.

  1. Kepemimpinan bukanlah perintis.

Pengusaha yang merintis sebuah inovasi, membuat gerakan dasar untuk mengubah suatu industry agar menjadi indah dengan menciptakan teori-teori baru dalam konsep maupun produk, akan tetapi hal tersebut tidak memenuhi syarat mereka untuk menjadi orang yang memimpin dalam pelaksanaan dan pengembangan suatu usaha.

Happy and successful team of colleagues sitting together to work out business plans

  1. Kepemimpinan tidak hanya sebagai seorang model yang mempunyai peran.

Pengusaha sering dipandang hanya sebagai peran positif dalam organisasi mereka, menjadi panutan berbeda dengan menjadi seorang pemimpin. Panutan memmiliki sikap yang berfungsi sebagai patokan bagaimana diri mereka melaksanakan tugas, dan pemimpin adalah suatu tindakan bukan hanya penampilan yang memberikan arahan kepada bawahannya untuk menuju sasaran organisasi.

  1. Kepemimpinan tidak dicapai dengan sendirian.

Kepemimpinan berarti menyebabkan orang lain ikut beraksi didalamnya, sehingga prestasi dan keberhasilan yang diperoleh berasal dari konsistensi bawahannya.

Karena kepemimpinan didasarkan pada tindakan dan kemampuan, maka pemimpin yang besara adalah mereka yang mampu untuk memahami dan memberikan motivasi kepada bawahannya.

Dengan menyadari, Apa yang mendorong diri sendiri serta apa yang dapat mendorong orang-orang di sekitarnya. Pemimpin yang besar belajar untuk memanfaatkan motivasi untuk membuat visi pemimpin dan pengikutnya bertindak bersama-sama dalam mencapai tujuan. Pekerjaan ini jauh lebih mudah ketika seorang pemimpin mengelilingi diri mereka dengan orangleader vs boss-orang yang memberikan motivasi.

Tidak ada pengusaha yang mewujudkan kepemimpinan lebih baik dari Steve Jobs, yang terkenal dengan orang abrasive, menuntut dan sulit untuk diajak bekerja sama. Akan tetapi apa yang membuat Jobs menjadi pemimpin besar ?, adalah jobs memahami bagaimana memotivasi dirinya sendiri, mempunyai aspirasi dan mimpi dan secara aktif dan teratur dia berbagi visi dan gairah dengan orang-orang di sekitarnya.

Menjadi seorang pemimpin tidaklah mudah. Karena pemimpin yang memimpin, merekalah yang pertama sering gagal dan tidak tahu bagaimana cara mengatasi kesulitan yang dialami.

Setidaknya, setelah membaca artikel ini para pengusaha berhenti mengukur kemampuan kepemimpinan mereka terhadap pengusaha-pengusah sukses yang lainnya, “Jika anda ingn menjadi seorang pemimpin besar, yang diperlukan adalah sebuah tindakan”. Lakukanlah.