Dalam memulai suatu usaha, Anda sering kali memikirkan ingin menambah modal, ingin menguatkan usaha Anda dan biasanya Anda memikirkan untuk mencari partner usaha untuk mencukupi dan mencapai segala kemauan dan ambisi usaha Anda supaya usaha Anda menjadi lebih besar dan kuat dalam mengarungi waktu-waktu operasional sampai berpuluh-puluh tahun.

Terkadang pasti Anda berfikir mencari partner usaha sangat mudah, dalam pikiran Anda pasti mencari partner yang punya modal dan sudah kenal lama dengan Anda, jangan sekali-kali membuat semuanya terlihat gampang, teliti dan pilih dengan baik partner usaha Anda.

business-partner

Kebanyakan orang memang sangat mudah dalam mencari partner usaha, namun kebanyakan berakhir dengan kehancuran usaha karena perusahaan joint venture tersebut tidak lagi dikepalai oleh dua orang yang memiliki visi yang sama.

Banyak orang menilai bekerjasama dengan teman lama adalah yang paling benar karena Anda sudah pasti mengenal teman Anda dibandingkan orang lain. Namun, memilih teman sebagai partner usaha tidak selalu bisa menjamin usaha yang dibangun bisa bertumbuh sesuai dengan keinginan bersama.

Bahkan beberapa di antara partner menghentikan kerjasama gara-gara di tengah jalan ada kesalahpahaman, pembagian tidak merata, tumpang tindih kewenangan, dan beberapa persoalan pribadi yang tercampur di dalam bisnis. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda mengetahui beberapa tips untuk memilih partner usaha yang baik untuk diajak kerjasama usaha. Berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih partner usaha yang tepat dan pas.

  1. Pilih partner yang memiliki visi dan misi yang sama

Kriteria pertama yang wajib ada pada partner usaha Anda adalah visi yang sama dengan Anda. Karena memiliki visi yang sama dengan Anda akan sangat membantu dalam mengembangkan usaha yang akan Anda dan partner Anda bangun bersama. Selain itu, dengan memiliki visi yang sama, usaha yang Anda berdua akan bangun tidak akan kehilangan arah karena kedua kepala memiliki tujuan yang sama. Kinerjapun akan semakin cepat karena ada

  1. Cari partner yang pernah bangkrut

Sama seperti orang yang pernah nyasar. Dia pasti masih hafal jalan mana yang harus dilalui dan jalan mana yang jangan dilalui. Orang yang pernah bangkrut memiliki insting lebih tajam daripada orang yang belum pernah bangkrut.

  1. Memahami usaha yang akan Anda bangun

Sudah pasti Anda perlu memilih seorang partner yang juga memahami tentang apa usaha yang akan Anda dan partner Anda akan bangun nantinya.

  1. Buat Peraturan tertulis

Biasanya karena atas nama teman, keluarga, pacar, saudara dan sebagainya Anda melupakan peraturan. Bikin kesepakatan bersama secara tertulis tentang hak dan kewajiban yang harus kedua belah pihak patuhi.

  1. Pembagian hak dan kewajiban yang jelas

Buatlah daftar pekerjaan yang harus dilakukan, Semakin besar tanggung jawab yang di-emban semakin besar porsi saham dan profitnya.

 Jika Anda Pebisnis, Profesional yang ingin menemukan potensi terbaik di dalam diri Anda silakan hubungi Coach Edwin Indarto

Website :

www.bisniscoaching.com /

 www.pelatihanbisnisindonesia.com /

www.edwinindarto.com
Email : info.makeallhappen@gmail.com
Telp : 0271-3024265 / 3020165 / 3024165 / 3020265
Fax : 0271-7655461
HP / WA : 08112652210/ BB 2A1F6C6C

 

Sumber : rikyshop; ekonomi.kompasiana