Sebagian marketing / sales bahkan masih ada yang fresh graduate dalam artian mereka belum mempunyai basic dan jurus jitu untuk membuat prospek yang mereka kejar menjadi prospek closing, bahkan terkadang mereka mundur bukan pada waktunya atau dalam bahasa lain mereka menyerah dengan sendirinya. Tidak hanya yang fresh graduate, tetapi mereka yang sudah lama berkecimpung dalam dunia marketing juga masih ada yang belum bisa 50% keatas untuk membuat prospek mereka closing.

closing1

Tantangan marketing/sales sangatlah luas, mereka harus mencari prospek baru pada saat prospek yang mereka kejar tidak bilang “iya” malah terkadang prospek mereka jutek dan acuh tak acuh dengan berbagai penawaran yang telah marketing/sales ajukan dengan sebaik mungkin.

 Pada intinya closing pasti terjadi jika Anda dan prospek sama-sama menemukan situasi win-win dalam artian prospek merasa mendapat manfaat dengan membeli produk/jasa Anda, dan Anda beruntung bisa membantu masalah prospek Anda, jika hanya ada salah satu pihak yang merasa mendapat keuntungan, bisa dipastikan closing tidak akan terjadi. Ada beberapa teknik closing, diantaranya memberikan pilihan terhadap konsumen “Anda memilih yang ini atau yang itu?”,

 Ada juga dengan cara memberikan garansi atau bonus dan pada dasarnya closing hanya butuh pemahaman dari seorang marketing/sales akan kebutuhan dan ketertarikan prospek.

Semoga artikel sederhana ini bisa membantu mengatasi jika Anda menemui prospek yang sulit closing. Yakin saja orang yang awal belum setuju dan belum tertarik itu belum tentu tidak mau. Yakinkan dengan sikap Anda yang positif itu akan menimbulkan impact yang luar biasa kepada penjualan produk/jasa Anda.

Jika Anda Pebisnis, Profesional yang ingin menemukan potensi terbaik di dalam diri Anda silakan hubungi Coach Edwin Indarto

 

Website : www.bisniscoaching.com / www.pelatihanbisnisindonesia.com 
Email : info@bisniscoaching.com
Telp : 0271-656385
HP / WA : 08112652210

 

Sumber : fatihdni; jokosusilo