Staying in Touch With Your Team

Bayangkan anda memiliki seorang pemimpin di dalam kantor yang lengkap dengan furniture dan dinding-dinding kayu yang mewah, dan Dia duduk di belakang meja besar penuh dengan pekerjaan-pekerjaan penting yang memerlukan perhatian ekstra. Dia terlalu sibuk untuk memperhatikan situasi diluar ruangannya, karena cukup sibuk didalam ruangannnya.

Ada jenis pemimpin yang mengintimidasi dan ada juga yang ramah. Namun, ini adalah hal yang umum yang banyak ditemui di dalam sebuah organisasi. Sebagai seorang pemimpin, Anda ingin menjadi seorang pemimpin yang seperti apa? Apakah pemimpin yang hanya sibuk dengan permasalahannya sendiri atau pemimpin yang mau terbuka dengan masalah-masalah di luar batasannya?. Karena sebagai pemimpin, anda dapat dikagumi karena kebijaksanaan, pengetahuan dan keahlian yang anda miliki.

leader

Jika anda membatasi  diri dengan lingkungan sekitar anda, tentu tim anda tidak akan pernah mendapatkan pengalaman anda, dan hal ini memperburuk suatu permasalahan yang terjadi di dalam kantor. Namun, ketika anda tetap terhubung dan terbuka dengan lingkungan, anda dapat memahami apa yang dapat memotivasi  tim anda, menganalisa apa yang sebenarnya terjadi dan mencari solusi untuk memenuhi kebutuhan karyawan dan perusahaan anda.

Rumus manajemen dengan MBWA ( Management By Wandering Around)

Agar dapat menjalin hubungan dan tetap terhubung dengan lingkungan kerja anda, adalah dengan berkomunikasi, bekerja sama, saling mengajukan pertanyaan dan berada disaat tim membutuhkan anda. Inilah yang disebut dengan Management By Wandering Around atau disingkat MBWA.

hp_enterprise_office

Pendiri perusahaan teknologi informasi Hewlett Packard (HP), William Hewlett dan David Packard menggunakan metode pendekatan ini untuk perusahaan mereka. Tom Peters, seorang penulis buku sukses dengan bukunya in Search Excellence, dia belajar dari perusahaan HP dan perusahaan yang lain yang menggunakan metode yang sama, yaitu MBWA.  Sejak saat itulah, metode ini menjadi popular dan terus menerus digunakan di banyak perusahaan untuk meningkatkan kinerja di dalam perusahaan.

Apa saja yang didapatkan, ketika menerapkan metode MBWA?

Pendekatan – Ketika staff atau karyawan anda melihat anda sebagai rekan kerja dan bukan hanya seorang pemimpin saja, mereka akan lebih memungkinkan untuk memberitahu apa yang sedang terjadi, dan anda mendapatkan kesempatan untuk belajar tentang masalah yang mereka hadapi sebelum masalah tersebut menjadi masalah anda.

Trust atau Kepercayaan – Ketika tim anda akan mengenal anda lebih baik, mereka akan mempercayai anda lagi. Dan mereka akan secara alami cenderung untuk berbagi informasi lebih lanjut dan memecahkan hambatan dalam hal komunikasi.

Pengetahuan Bisnis – Mendapatkan berbagai pengalaman dan belajar atas apa yang terjadi setiap hari di dalam perusahaan anda sehingga dapat memberikan pemahaman yang lebih baik atas apa yang sebenarnya terjadi dalam perusahaan anda.

Moral – Seseorang akan merasa lebih baik ketika pekerjaan dan organisasi mereka memiliki kesempatan untuk didengar, dengan metode MBWA sebuah perusahaan dapat memberikan dan menyediakan kesempatan  tersebut.

Produktivitas – Banyak ide-ide kreatif yang datang di dalam perusahaan anda, dengan diskusi santai dalam organisasi. Sehingga orang lebih cenderung merasa bebas untuk berdiskusi dan mengutarakan ide-ide mereka.

mbwa

Meskipun banyak manfaat yang didapatkan ketika menggunakan metode ini, untuk menjadi sukses. Tentu, dibutuhkan lebih dari sekedar hanya berada di dalam perusahaan anda. Dengan upaya dan tekad yang tulus untuk memahami staff anda, seperti memahami apa yang sedang mereka lakukan dan apa yang dapat anda lakukan untuk membuat sebuah pekerjaan menjadi lebih efektif. Metode ini bukan hanya sekedar kewajiban saja, karena anda harus benar-benar mengenal karyawan dan perusahaan anda, berkomitmen dan menindaklanjuti suatu masalah dengan mencari solusi dan memperbaiki secara terus menerus.

Bagaimana menerapkan metode MBWA ?, berikut tipsnya :

Relax – seseorang akan merasakan lebih santai dan mereka akan merespons sesuai dengan apa yang didapatkan, karena suatu percakapan yang formal dan kaku kemungkinan menyebabkan respon yang sama kaku juga dalam suatu percakapan

Lebih mendengarkan dan mengamati daripada berbicara – anda dapat lebih aktif mendengarkan apa yang staff anda butuhkan, Karena ketika seseorang merasa bahwa seorang pemimpin mendengarkan mereka, mereka akan merasa lebih nyaman dan tulus untuk mengutarakan permasalahan mereka.

Mintalah ide dan umpanbalik – Anda dapat meminta pendapat staff anda untuk membuat suatu hal yang lebih baik. Sebagai pemimpin, orang akan berpikir bahwa anda menghargai ide dan pendapat mereka.

Menahan diri – lebih menahan diri dari mengatakan apa yang anda pikirkan, tujuannya untuk melihat apa yang akan orang lain katakan. Dengan begitu, anda dapat menyaring dan mengembangkan pikiran anda menjadi lebih baik.

Melihat dan mengawasi lingkungan sekitar – jangan menghabiskan lebih banyak waktu dalam satu bagian atau departemen saja, dan anda tidak selalu harus berbicara dengan orang yang sama untuk memantau perkembangan dalam suatu bidang pekerjaan. Buatlah diri anda menjadi mudah untuk didekati oleh semua orang, terlepas jabatan dan posisi anda sebagai pemimpin.

Mengadakan pertemuan – mengadakan pertemuan tidak harus berada dalam suatu ruangan rapat atau kantor anda, dengan bertemu orang-orang di tempat kerja mereka atau “wilayah mereka”, mereka akan merasa lebih nyaman dalam menyampaikan harapan dan kebutuhan begitu juga dengan anda, sehingga semua orang tahu apa yang sebenarnya anda nilai dalam sebuah pekerjaan.

Jangan gunakan waktu pertemuan anda untuk menilai atau mengkritik karyawan anda – hal ini membuat suasana gugup dan tidak nyaman dalam suasana rapat anda, Jika memang anda mengkhawatirkan suatu hal terhadap seseorang, anda dapat berbicara secara pribadi setelah pertemuan tersebut selesai.

Jawab pertanyaan secara terbuka dan jujur – Jika, ada pertanyaan yang belum anda ketahui jawabannya cari tahu dan kemudian ditindaklanjuti. Ketika anda tidak dapat berbagi sesuatu, katakan saja. Mengatakan setengah kebenaran sama dengan memecah kepercayaan.

Berkomunikasi – komunikasikan tujuan dari perusahaan, tentang filosofi perusahaan, nilai-nilai dan visi perusahaan. Dengan begitu, peluang untuk saling berbagi informasi menjadi terbuka dan membantu orang untuk memahami dan melakukan pekerjaan mereka lebih baik.

Jangan berlebihan – berusaha untuk tidak berlebihan dalam beberapa hal diatas, karena ketika anda terlalu berlebihan, justru kehadiran anda mengganggu kenyamanan mereka.

leadership