images

W.Clement Stone “Little hinges swing big doors” (1902-2002) American Billionaire and Philanthropist

Clement Stone, legenda salesman sukses kelahiran tahun 1902 yang meninggal tahun 2002, Prinsip kerjanya jadi pegangan para salesman dan profesi lainnnya untuk meraih sukses dalam bisnis. Dengan pola-pola yang dibuatnya, siapapun bisa meniru kesuksesannya dan meraih pendapatan nyaris setiap detik tanpa henti dengan sistem jaringan yang dibuatnya.

Stone sebenarnya anak yang malang. Saat usia 3 tahun,  ayahnya meninggal dunia. Ayahnya yang suka bermain judi juga membuat keluarga yang ditinggalkan melarat. Dalam keadaan miskin, saat itu stone menginjak usia 6 tahun, Stone terpaksa berjualan Koran di Chicago sedangkan ibunya bekerja sebagai penjahit. Berjualan koran ternyata tidak mudah, banyak pesaing bahkan ia diusir oleh para penjual koran dewasa karena takut tersaingi.

Menginjak usia 16 tahun, ia pergi ke Detroit membantu ibunya menjalankan agen asuransi. Stone mengunjungi kantor demi kantor untuk menawarkan asuransi kecelakaan, juga melakukan dengan cara menelepon dari satu calon klien ke calon klien lainnya. Keuletannya menawarkan asuransi membuahkan hasil, Saat itu juga ia bisa membukukan pendapatan US$ 100 dalam satu minggu. Bahkan demi menawarkan asuransi ia sempat drop-out dari sekolahnya, namun pada akhirnya ia dapat menyelesaikan sekolah dengan meraih diploma dari Young Men’s Christian Association Central High School, Chicago. Beberapa kursus juga diikutinya, Seperti di Detroit College of Law dan Northwestern University.

Usia 19 tahun, Stone sudah mampu menjual 48 polis asuransi setiap harinya. Beberapa tahun kemudian ia bisa menjual 72 polis asuransi setiap hari dan bahkan pernah mencapai 120 polis asuransi dalam satu hari. Orang lain mungkin malas bertemu banyak orang dan melakukan pembicaraan tiap hari, namun ia melakukannya dengan telaten. Ia juga mau melakukannnya meski hanya sekedar say hello sebagai bukti perhatiannya pada mereka. Bahkan setiap kliennya ia catat hari ulang tahunnya, lebih dari itu, Stone mengirim kartu ucapan kepada kliennya dua kali dalam setahun, yaitu saat ulang tahun dan tahun baru. Hal ini ia lakukan untuk menunjukkan betapa klien sangat berharga di matanya.

Stone mengembangkan sistem jaringan agen asuransi, pada tahun 1920 ia sudah memiliki jaringan dengan 1.000 agen asuransi. Dengan jaringan yang tersebar di berbagai penjuru dunia, ibarat menebar jarring yang sistem kerjanya tak kenal waktu. Tak heran ada tahun 1979 perusahaan asuransinya memiliki asset lebih dari US$ 1 Miliar atau sekitar Rp 625 Miliar ( kurs pada saat itu). Dengan prestasi yang luar biasa tersebut Stone merupakan legenda salesman yang tiada duanya, Ia juga tak pelit berbagi kiat sukses dengan menulis buku laris seperti “The Succes System That Never Fails, Believe and Achieve : W. Clement Stone’s 17 Principles of Succes “ . Hebatnya, Stone tak mau dijajah harta. Dari hasil pengummpulan kekayaannya, ia menyumbang hingga US$275 juta (sekitar Rp 2,5 Triliun ) ke berbagai organisasi.

W.Clement stone sukses dengan keuletan dan kegigihannya, Bagaimana dia menghargai kliennya dengan tindakan sederhana sekedar say hello atau mengucapkan di hari ulang tahun kliennya, membangun kedekatan dan menjalin komunikasi serta memberikan perhatian tentu hal yang vital dalam dunia bisnis.

Semoga menginspirasi, Salam Berkelimpahan

iBizCOACH