Pengusaha adalah “Sales People”. Seorang pengusaha yang sukses memulai bisnis mereka dengan membuat orang mengatakan “YA” untuk proposisi mereka. Seorang pengusaha tentu memiliki sesuatu untuk dijual seperti produk, layanan, pengalaman atau apapun dan seorang sales memiliki tujuan untuk membantu pelanggan mengatakan “ya” dalam proposisi tersebut. Akan tetapi, hal tersebut terkadang membutuhkan proses yang tidak mudah.

Ketika menyapa pelanggan anda, dan menyatakan minat dalam penawaran atas produk atau layanan anda. Tentu sepenuhnya anda mengharapkan “CLOSING” dan mendengar kata “YA”, Tetapi apa yang terjadi adalah sebaliknya. “penolakan”

Apa yang akan anda lakukan pada situasi tersebut..?, Apa yang seharusnya anda lakukan ketika pelanggan mengatakan “tidak” ?,

rejection

Berikut saran yang dapat anda pertimbangkan untuk memulai langkah ketika pelanggan anda menolak produk atau layanan anda.

Tanamkan pada diri anda sebagai seorang “Sales”, setiap kali anda mendengar kata “tidak, pikirkanlah untuk diri anda sendiri TIDAK = BELUM “. Hal ini melatih otak anda untuk berpikir bahwa kata “tidak” mungkin hanya “BELUM

Ada beberapa hal penolakan yang beralasan, seperti ketika pelanggan mengatakan “tidak” pada produk atau layanan anda, tentu mereka akan meninggalkan kantor, menutup telepon apapun kasusnya. Akan tetapi banyak dari mereka yang masih tetap tinggal, ingat bahwa mereka masih tinggal karena suatu alasan.

Berikut adalah cara yang dapat membantu anda dalam penolakan pelanggan :

  1. Kendalikan Sikap Anda, Tenang dan kuatkan komitmen anda untuk membantu pelanggan memecahkan masalah mereka.
  2. Bertanya pada pelanggan – (klarifikasi pelanggan anda dengan pertanyaan)

ditolak-konsumen

Cobalah untuk membantu mereka untuk klarifikasi apa yang menahan mereka untuk tetap kembali

 Berikut, contoh percakapan yang dapat anda pelajari :

 Sales                      : “Apakah ibu ingin membeli produk / layanan ini ?”

Pelanggan             : “ tidak, terima kasih”

Sales                      : “ Baik ibu, Saya ada tempat ini untuk membantu jika ibu membutuhkan saya nanti “

 Sales tersebut mendapat penolakan, akan tetapi memberikan PERNYATAAN yang membuat dirinya tetap terlibat dengan pelanggan, Sehingga sales tersebut dapat melanjutkan percakapan penjualan selanjutnya.

sales call

 Intinya adalah, Bagaimana bekerja dengan melalui apapun masalah (baik dari pelanggan maupun sales) ?, setelah masalah  selesai, mereka akan memutuskan pada hal berikutnya seperti membeli layanan atau produk tersebut.