Dalam zaman yang semakin penat ini, banyak hal-hal yang seharusnya menjadi prioritas malah terkadang terabaikan dan selalu menjadi pilihan terakhir dalam perjalanan hidup ini. Banyak contoh yang selama ini bisa kita jadikan bahan pembelajaran yang tentunya akan membawa kita ke proses kehidupan yang lebih baik dan selalu kita menghasilkan hasil yang positif dan sesuai dengan apa yang harusnya kita dapatkan dalam meniti kehidupan ini.

Jangan salahkan orang disekitar jika nantinya disaat usia sudah menua, kita belum mendapatkan apa yang orang lain dapatkan dan raih, jangan sampai kita mengumpat teman, sahabat, pasangan hidup, orang tua bahkan kita mengumpat Tuhan kita. Masa tua sangatlah dipengaruhi oleh hal-hal dan kegiatan yang kita jalankan pada masa muda atau masa produktif kita.

Dalam masa produktif, terkadang banyak sekali dari kita yang salah mengambil langkah, sebagai orang muda mungkin kita bisa memaklumi dan menjadikan itu sebagai pembelajaran yang bisa kita ubah dikemudian hari.

Berikut ini beberapa hal yang seharusnya dilakukan kita pada usia muda atau usia produktif :

Selalu bekerja keras,

jangan hanya mengandalkan ilmu dan logika. Ilmu dan logika tidak 100% membawa kita dalam kesuksesan karena kesuksesan membutuhkan proses dan kerja keras

usia-produktif

Buka rekening dan segeralah menabung.

Sebuah survei terbaru mengungkapkan bahwa dari 1.003 partisipan berusia 18-29 tahun, 69% diantaranya tidak memiliki tabungan pensiunan sama sekali. Mungkin kita berpikir masa pensiun masih jauh, tapi dengan menabung, kita memiliki modal yang cukup jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Tetap bangkit walau keadaan sulit.

Proses sukses membutuhkan waktu, setiap kita jatuh selalu harus bangkit, misalkan jatuh 5 kali kita harus bangkit 6 kali.

o-save-money

Hindari menunda pekerjaan.

Segera selesaikan pekerjaan, jangan menunda pekerjaan, waktu sangat penting dalam proses menuju sukses.

Carilah Pasangan Hidup.

Pasangan hidup akan membawa kita ke skema hidup yang lebih baik dan teratur, kita akan mencoba bertahan untuk selalu bekerja keras dalam mencukupi segala kebutuhan.

happy

Jangan membandingkan diri dengan orang lain.

Hindari membandingkan kesuksesan yang anda raih dengan kesuksesan orang lain. Setiap orang punya cara tersendiri dan mengalami proses yang berbeda untuk meraih kesuksesan.

Bahagiakanlah Orang Tua.

Hal yang terakhir ini sangat penting, orang tua adalah wakil Tuhan di dunia ini, bahagiakanlah mereka, pasti lancar segala usaha dan proses yang kita lalui.

 sumber: tonfeb