Kreativitas dianggap penting untuk berbagai bidang, mulai dari bidang teknologi, pendidikan, ekonomi, bisnis, dan bidang yang terkait kesenian tentu saja. Ternyata tidak hanya itu, pelayanan masyarakat dan pemerintahan juga perlu sikap kreatif. Cukup banyak kegiatan sehari-hari yang mengandalkan kreativitas dan tidak hanya dibutuhkan untuk menjadi seniman atau menjalankan industri kreatif.

Bicara tentang kreativitas, banyak pakar yang mendefinisikan menurut versi masing-masing, dan ada saatnya menyesuaikan definisi itu menjadi seperti apa yang Anda inginkan. Di sinilah pentingnya kreativitas. Berikut ini adalah bagaimana kreativitas bisa menunjang keberhasilan aktivitas penjualan.

Sales dan Marketing secara Kreatif

Saat menjual sesuatu, banyak orang yang hanya fokus pada produk yang dijual, tetapi lupa untuk menjalin komunikasi yang efektif. Tujuannya adalah supaya calon pembeli atau pelanggan merasa lebih dekat dan yakin. Selain membekali diri dengan skill dan teori-teori, sikap luwes dalam pergaulan juga berpengaruh dalam menjalankan tugasnya.

Di sinilah peran kreativitas bermain, bahwa setiap orang atau setiap keadaan itu memiliki keunikan sehingga menuntut respon yang unik pula. Sebagaimana kreativitas adalah sebuah proses mental yang melibatkan pemunculan gagasan baru atau membuat hubungan dari gagasan-gagasan yang sudah ada.  

Tidak bisa digantikan oleh mesin

Aktivitas menjual ialah termasuk pekerjaan kreatif. Karena itu, pekerjaan ini tidak bisa digantikan oleh mesin. Awalnya kita merasa bahwa kemampuan di bidang ini terkait bakat, lalu bakat itu dikembangkan dengan intuisi, pengetahuan, serta pengalaman pribadi dalam melakukan praktik penjualan, sehingga seseorang menjadi ahli. Peranan penjual sangat dominan karena mereka dibutuhkan untuk menyampaikan hasil produksi ke customer dan bahkan tugasnya bisa menjaga agar roda industri tetap berputar.

Melatih Creative Selling

Kreativitas dan kemampuan menjual itu sendiri bisa dilatih melalui praktik langsung dan meningkatkan jam terbang. Situasi yang nyata di lapangan akan memicu bagian otak yang berfungsi untuk daya kreatif untuk bekerja, membangun koneksi antar hal, lalu menemukan solusi berupa langkah-langkah creative selling yang bisa diterapkan.

Untuk melatih kemampuan Anda dalam memasarkan produk dan jasa Anda saat membangun bisnis Anda sendiri, ikuti seminar Be a Great Sales pada tanggal 30 Oktober 2018 di Novotel Solo. Info lebih lengkap hubungi 08112652244.