Bagaimana kiat sukses merancang dan mengaplikasikan marketing plan ? Kuncinya adalah eksekusi  plan, kemudian eksekusi, eksekusi, dan eksekusi. Buat apa sebuah marketing plan yang hebat, tetapi tidak diaplikasikan??.

Kehebatan marketing plan, tidak ada artinya jika tidak diaplikasikan. Bagaimana cara merancang marketing agar bisa diaplikasikan ??… Semua tergantung kemampuan dan sumber daya yang dimiliki.

Sebenarnya, sehebat apa pun marketing plan, jika kita memiliki waktu dan sumber daya yang cukup, kita bisa mengeksekusinya. Namun demikian, kita perlu melihat kondisi dan situasi bisnis kita.

Marketing Plan

Bukan berarti mana yang perlu dan mana yang tidak. Semua aspek pemasaran itu sangatlah penting, mulai dari branding, distribusi, dan selling. Semuanya penting, tetapi kita lihat kondisi bisnis kita mana yang perlu kita fokuskan? Apakah branding? Apakah distribusi? Apakah selling?

Semuanya penting, tapi mana yang lebih penting untuk kita prioritaskan?

Bisa jadi, untuk pebisnis pemula, akan lebih baik mengutamakan selling. Semua upaya pemasaran diusahakan agar menciptakan penjualan langsung, agar cash flow langsung mengalir.

Berbeda, saat cash flow sudah mengalir, kemudian distribusi sudah siap, branding menjadi sangat penting untuk menjadi prioritas. Jadi, kiat sukses merancang dan mengaplikasikan marketing plan adalah :

PRIORITAS DAN FOKUS

strategi marketing plan

lalu, bagaimana menentukan prioritas berikut 4 langkah kecil yang dapat anda lakukan untuk menentukan prioritas dalam bisnis maupun kehidupan anda :

– Menulis semua aktivitas baik ativitas jangka pendek maupun panjang dalam waktu tertentu

– Menentukan tujuan utama dalam jangka waktu tertentu, seperti dalam pencapaian satu minggu ataupun satu bulan

– Tabel perbandingan, yaitu tabel yang berisi hal yang paling mudah untuk dilakukan sampai yang tidak mudah minimal 20% dari tabel mudah anda kerjakan terlebih dahulu

strategi marketing

– Evaluasi pekerjaan dan pencapaian anda agar target yang anda tetapkan terpenuhi dan dapat membuat perencanaan seperti strategi untuk lebih meningkatkan kinerja anda maupun pekerjaan anda

– Buat rutinitas anda terjadwal dengan baik, hal ini dapat membantu anda mengatur waktu yang anda miliki seperti, liburan di akhir pekan untuk menghilangkan kejenuhan rutinitas anda sehingga menumbuhkan semangat dan suasana baru untuk melanjutkan pekerjaan anda.

Semoga Bermanfaat, Salam Berkelimpahan