Aktivitas berjualan terasa menarik sekaligus menantang bagi orang yang melakukannya. Selain karena keuntungan berupa uang, dari berjualan kita juga bisa mendapat teman yang lebih banyak. Kita mungkin berpikir bahwa jual beli adalah proses yang terjadi begitu saja.

Tapi, di balik produk yang laku, ternyata ada ilmunya. Akan beda hasilnya antara pebisnis yang tau ilmu jualan dengan yang asal-asalan jualan. Sebagian penjual masih melakukan kesalahan dalam berjualan, dan sayangnya mereka menyepelekan.

Kesalahan dalam Berjualan yang Sering Disepelekan

Apa saja kesalahan dalam berjualan yang sering disepelekan?

1.Tidak Membuat Rencana

Seringkali seseorang menjalani bisns setiap hari tanpa menyusun rencana. Padahal rencana dan tindakan adalah satu kesatuan dalam bisnis jika Anda ingin sukses dan berhasil. Berapa banyak dari Anda yang menelepon prospek tanpa membuat catatan terlebih dahulu untuk menyiapkan bahan pembicaraan dan mengenal prospek lebih baik? Apakah Anda langsung saja menelepon prospek dan bertanya apa kebutuhannya? Padahal, bila pelanggan Anda sudah mengetahui kebutuhannya, ia tidak perlu berhubungan dengan Anda.

2.Target Market yang Tidak Tepat

Banyak pebisnis yang memulai bisnis tapi asal mulai, tanpa cek apakah sesuai dengan segmen pasar atau tidak. Apalagi para pemula, mereka cenderung terlalu bersemangat dalam memulai bisnis sehingga tidak sempat memvalidasi market, apakah produknya cocok dengan market atau tidak. Untuk menjual ke target market yang tepat, Anda perlu tahu terlebih dahulu apa yang menjadi kebutuhan konsumen Anda.

3.Tidak Jujur

Lupakan tentang trik mengakali konsumen Anda, lupakan tentang menipu pelanggan Anda, lupakan tentang menjebak pelanggan Anda. Citra diri dan citra perusahaan yang jujur akan sangat berguna bagi kelancaran bisnis Anda. Setiap aktivitas Anda dengan prospek dan pelanggan haruslah berorientasi pada membangun kepercayaan. Reputasi kejujuran Anda adalah aset yang harus dibangun dari waktu ke waktu bila bisnis Anda ingin berlangsung lebih lama, lebih sukses, dan lebih maju.

4.Semua Dikerjakan Sendiri

Sebuah bisnis besar karena membangun tim di dalam bisnisnya, entah itu tim reseller, tim karyawan, freelancer, tim penjualan, tim produksi, dan lain-lain. Penting untuk diketahui, bahwa bisnis apapun akan sulit berkembang jika semuanya dikerjakan sendiri.

Kesalahan-kesalahan itulah yang harus Anda hindari agar bisnis Anda terus bertumbuh. Jika Anda melakukan kesalahan ini, segera perbaiki dari sekarang. Setiap pebisnis sukses tentunya tidak akan melewatkan kesempatan untuk bisa menjual produk atau layanannya kepada pembeli potensial.  

 

Bagi Anda yang ingin memahami lebih jauh bagaimana cara menjual yang efektif, ikuti seminar kami Be A Great Sales pada bulan Agustus 2017. Kalau ingin tahu lebih banyak tentang seminar ini, hubungi no whatsapp 0811-265-2244.