Modal merupakan hal yang vital untuk membangun dan berjalannya bisnis. Apapun tujuan dan bagaimana Anda menjalankan bisnis, Anda tetaplah membutuhkan dan menyiapkan modal bagi bisnis Anda.

Bagi bisnis yang baru saja berdiri, modal merupakan tantangan yang harus terselesaikan. Setiap dari pemilik bisnis harus lebih kreatif dalam berfikir untuk mendapatkan modal, terlebih lagi ketika tidak simpanan menipis atau bahkan hanya modal nekat saja.

“Bisnis tidak muncul dari sebuah persiapan yang sederhana”

Semakin besar ide untuk membesarkan bisnis Anda, maka akan lebih kompleks rencana yang harus disusun dan dilaksanakan. Anda harus memerlukan ekstra yang waktu untuk memikirkan semua kebutuhan yang harus Anda penuhi untuk menjalankan bisnis yang Anda inginkan. Salah satunya tetap masa masalah modal bisnis.

Namun ternyata berbisnis dengan modal yang minim tidak selamanya membuat Anda stuck hanya pada 1 ide sederhana dan tidak mengembangkan bisnis. Ketika saat modal minim, namun Anda memiliki rencana dan ide yang besar, itu artinya Anda harus menjadi lebih KREATIF dari sebelumnya.

Anda tidak bisa mengandalkan apa yang ada tanpa merubahnya menjadi apa yang Anda inginkan. Anda harus mau menjadi kreatif dan terus memunculkan ide briliant demi menciptakan bisnis yang sesuai dengan keinginan dan impian Anda. Apa saja yang bisa Anda jadikan bahan bekreasi saat bisnis Anda hanya memiliki modal yang minim?

  1. Tempat Kerja

ruangkerja

Bisnis yang Anda dirikan dari awal harus benar-benar mampu memanfaatkan segala sesuatu yang ada disekitar. Sebuah bisnis tidak harus mempunyai ruangan kantor dengan biaya sewa yang mahal, juga tidak harus membeli sebuah ruko untuk tempat produksi. Buatlah ruangan kecil walau didalam rumah sendiri yang dapat digunakan untuk memproduksi sebuah karya yang mampu dijual.

  1. Karyawan

Karyawan

Sebuah bisnis tidak perlu menyewa atau mempekerjakan karyawan dengan jumlah yang banyak.

Rencanakan dan susun organisasi atau kebutuhan Anda terlebih dahulu. Apa saja yang dibutuhkan untuk menunjang produksi? Kemampuan apa saja yang terlibat didalamnya? Dan berapa jumlah karyawan untuk masing-masing posisi? Itu penting sekali untuk diperhatikan.

  1. Fasilitas/Kegiatansi-serba-ada-631x355

Sebuah bisnis yang berjalan memang harus selalu berfikir kreatif, alasannya jelas untuk dapat menghasilkan produk yang selalu menarik, inovatif dan menjual. Kegiatan mengumpulkan ide tidak harus selalu berada didalam ruangan yang belum tentu menghasilkan pemikiran yang diinginkan. Perlu sekali berada tidak hanya didalam kantor mereka, Anda harus membiasakan untuk pergi keluar ruangan.

Tidak masalah bagi kita jika ingin bekerja dan mendapatkan ide di luar kantor. Bukan menjadi masalah kita harus bekerja dan mencari ide dimana, yang penting dan yang jelas ide yang dimiliki bisa diwujudkan dan menghasilkan.

Semakin kreatif seorang pemilik startup akan semakin mudah pula mereka dalam memanage kebutuhan dan apa yang mereka miliki, termasuk modal. Sehingga tidak ada lagi keluhan karena modal yang minim dalam menjalankan sebuah bisnis. Terlebih di jaman teknologi seperti sekarang ini. Apapun yang kita inginkan dan rencanakan mampu terkoneksi dengan baik ke orang – orang yang kita tuju. Berbisnis dengan modal minim saja bisa kita siasati dengan menggunakan bisnis online. Tidak perlu menyewa toko, hanya duduk dan mengawasi website atau sosmed, dan semua kegiatan tidak perlu dilakukan di sebuah kantor yang biasa dimiliki oleh pebisnis.

Blog Directory