Sebagaimana yang kita ketahui, perilaku konsumen dari waktu ke waktu terus mengalami perubahan. Untuk memahami keunikan konsumen itu, mari kita mulai dengan belajar cara beriklan yang menarik. Iklan untuk konsumen yang belum memahami kebutuhan yang terkait dengan produk atau jasa Anda, dengan iklan untuk konsumen yang sudah mengenal dengan brand Anda, tentu berbeda.

Mari kita terima kenyataan bahwa konsumen sudah bosan dengan iklan, maka fokuslah pada cara lain. Misalnya: buatlah iklan soft selling bertema kisah inspiratif yang dapat berguna untuk menarik pelanggan. Contoh lainnya adalah testimoni dari customer yang puas atas produk atau jasa bahkan service Anda.

 

Memicu Closing Penjualan dengan Copywriting

Copywriting adalah sebuah seni penulisan pesan penjualan yang bersifat persuasif. Sebagai penulis iklan, copywriter perlu mempelajari karakteristik produk atau memahami product knowledge dan bekerjasama dengan bagian marketing, khususnya marketing online. Dalam membuat konten copywriting, harus ada unsur-unsur yang disingkat dengan AIDA. Apa saja?

1.Attention (menarik perhatian)

2.Interest (menciptakan minat)

3.Desire (memunculkan hasrat)

4.Action (menyegerakan aksi).

Selain AID, kadang ditambah Conviction (memberi keyakinan) sebelum Action, jadi AIDCA.

 

Bagaimana Bahasa yang Dipakai?

Konten copywriting dibuat sesuai dengan karakter target market yang dituju, bukan menurut kesenangan kita sendiri. Ini terkait dengan gaya bahasa yang dipakai. Misalnya: untuk target market ibu-ibu muda tentu berbeda dengan target market anak sekolah. Konten copywriting fokus mengarah ke kebutuhan/keinginan mereka dan bagaimana menyelesaikan masalahnya.

Memicu closing dengan copywriting fokus pada goal yang ingin dicapai, bukan seberapa bagus kalimat iklan yang dibuat. Goal adalah trafik, konversi, closing penjualan, dan repeat order. Tidak hanya asal buat, tapi harus ada interaksi: Like, comment, reply, share.

 

Jadi, Apa Saja 7 Elemen Pemicu Closing?

1.Headline yang menarik yang memicu untuk membaca isi keseluruhan iklannya

2.Penawaran menarik, sehingga orang yang membaca iklan akan memiliki alasan untuk membeli

3.Bonus, diskon, atau cashback

4.Limited offer atau penawaran terbatas sehingga calon pembeli merasa urgent jika tidak segera memilikinya.

5.Testimoni positif dari orang yang telah menggunakannya

6.Sertakan garansi dalam setiap pembelian

7.Call to action, sebutkan arahan yang jelas, ke mana harus menghubungi jika ingin membelinya.