Di balik bisnis yang sukses, pasti ada mentor yang berpengalaman. Ketika Anda sedang membangun bisnis, maka Anda juga memerlukan peran seorang mentor. Pertanyaannya, bagaimana cara mencari mentor bisnis?

Untuk mencari mentor bisnis, Anda bisa memulai dengan beberapa cara. Cara yang biasa dilakukan adalah mengikuti program atau kelas mentoring yang memang diselenggarakan oleh pihak tertentu. Atau bisa juga Anda secara langsung menghubungi calon mentor tersebut.

Sebelumnya, apakah Anda sudah memahami perbedaan antara mentor dan coach? Memang terkesan sama, tapi sebenarnya ada perbedaan di antara keduanya. Seorang mentor melakukan mentoring kepada orang lain yang menjadi menteenya.

Mentoring adalah proses berbagi dan sekaligus mengajari suatu ketrampilan teknis dan khusus dari mentor kepada mentee-nya, melalui nashat, bimbingan dan pengalamannya. Pada mentoring terdapat hubungan yang tidak setara, seperti seorang senior memberikan treatment kepada junior.

Umumnya, mentor adalah seorang yang ahli pada bidang bisnis yang dijalankan klienya. Sementara itu, coaching adalah membantu individu untuk mengembangkan solusi mereka sendiri dan melatih proses berpikir, yang kemudian dapat diterapkan secara mandiri di masa depan.

Ini yang Sebaiknya Anda Ketahui sebelum Mencari Mentor Bisnis

Coach umumnya tidak diperlukan untuk ahli dalam bidang usaha klien. Secara umum, inilah beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan.

1.Carilah Mentor Bisnis yang Sesuai Bidang Bisnis Anda

Karena seorang mentor berperan memberikan bimbingan yang detail hingga ke hal-hal yang bersifat teknis, maka sebaiknya Anda memilih mentor yang ahli dan sesuai dengan bidang bisnis yang Anda jalankan.

2.Jalin Hubungan Baik

Sebagaimana hubungan dalam konteks apapun, mentoring bisnis pun memerlukan tahap perkenalan. Jika Anda belum kenal dengan pengusaha atau praktisi yang akan dijadikan sebagai mentor bisnis, Anda bisa mulai dari sosial media mereka.

Cobalah untuk menyapa, bertanya, atau berikan pendapat atas pertanyaannya mereka di media sosial. Intinya adalah bangun komunikasi. Atau jika ada seminar, workshop atau komunitas yang menghadirkan orang tersebut, pastikan Anda mengikuti program itu.

3.Jadilah Orang yang Action Oriented dan Open Minded

Ketika seseorang telah bersedia menjadi mentor bisnis Anda,.mereka akan memberi arahan atau rekomendasi tentang apa yang seharusnya Anda lakukan.

Pastikan Anda berpikiran terbuka (open minded) dan siap menerima masukan, termasuk jika misal yang Anda lakukan selama ini belum tepat. Anda juga mesti aktif bertindak karena bisnis Anda adalah sepenuhnya hak dan tanggungjawab Anda.

Nah, jika anda sedang mencari mentor bisnis yang handal, Anda bisa memulai dari sekarang. Anda maka Anda bisa berkonsultasi dengan kami dengan mengikuti program 1 on 1 coaching.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan Anda menghubungi kami di nomor WA 0811-265-2244.

whatsapp sekarang