Peluang bisnis dari tahun ke tahun sangat banyak ragamnya, tentu ide-ide inovatif dari semua kalangan yang semakin hari semakin bertambah kreatifitasnya, ikut serta meramaikan perkembangan bisnis dan usaha di Indonesia, baik secara online maupun offline. Mulai dari potong rambut atau yang lebih dikenal saat ini dengan istilah “barbershop” sampai dengan cemilan yang beraneka ragam.

Dengan memanfaatkan moment yang tepat, menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan bisnis yang akan dijalankan. Banyak sekali para pengusaha muda di Indonesia yang kini sukses menjalankan bisnisnya, banyak ragam inovasi dan kreatifitas yang tak kalah bersaing dengan pasar dunia, tentu tak hanya sekedar inovasi dan kreatifitas, kegigihan serta usaha yang maksimal akan berbanding lurus dengan hasil yang didapatkan.

Berikut, beberapa ide bisnis yang dapat dimanfaatkan menjelang hari Kemerdekaan Indonesia dan Hari Raya Idul Adha :

kue-kering-karakter

Dari segi Kuliner,

Snack atau cemilan seperti kue dan makanan ringan yang bernuansa Kemerdekaan atau perjuangan tentu akan menarik perhatian bagi para calon pembeli, atau bisa juga memberikan “give away” ( hadiah ) bagi pelanggan seperti pernak-pernik bernuansa kemerdekaan maupun perjuangan pahlawan.

Hal menarik lain, bagi para pemilik usaha bisa mencoba dengan inovasi seperti diskon yang diberikan bagi pelanggan yang menyanyikan lagu-lagu kemerdekaan.

kue karakter

Untuk peluang di Hari Raya Idul Adha, tentu moment penyembelihan hewan qurban menjadi hal yang tak terelakkan di Indonesia, peluang bisnis dari segi kuliner adalah “bumbu”, Menjual bumbu yang dibutuhkan untuk mengolah daging-daging qurban.

kreatifitas

 Dari segi Jasa,

Peluang jasa saat menjelang Hari Raya Kemerdekaan antara lain, bagi para anak muda yang mempunyai kreatifitas di bidang seni dapat menawarkan jasa dengan membuat lukisan bertema perjuangan dan kemerdekaan di dinding halaman rumah, ataupun ditempat yang memang disediakan untuk melukis seperti ( gelas, helm ataupun kanvas ).

Ide yang lain seperti stiker , boneka dan aksesoris bertema perjuangan dan kemerdekaan tentu menarik perhatian pada saat suasan hari Kemerdekaan. Jasa dekorasi bisa juga memilih tema kemerdekaan agar dapat bersaing saat hari Kemerdekaan.

Baca Juga : Hubungan Psikologi dan Periklanan

Ide bisnis dari segi Jasa saat menjelang hari raya Idul Adha yang sudah banyak sekali adalah, jasa jual beli hewan qurban, selain itu jasa memasak, jasa penyembelihan, dan jasa pemeliharaan hewan qurban. Bisa juga dengan jasa pesan antar daging hewan qurban bagi orang-orang yang ingin membagikan daging qurban kepada sanak keluarga yang tinggal di lain tempat.

kurir

Masih ada banyak lagi ide bisnis yang dapat dimanfaatkan saat moment-moment tertentu yang tentu dapat membantu bagi para pebisnis maupun pengusaha dalam mengembangkan maupun memulai usahanya, tetap berinovasi dan berusaha. Karena,

“ kesuksesan berawal dari diri kita sendiri “