Salah satu factor yang paling penting dalam keberhasilan sebagai seorang pemimpin adalah “Bagaimana pemimpin tersebut berkomunikasi dengan timnya ? ”. Pada dasarnya, Komunikasi adalah tentang pertukaran informasi, baik dari pendapat suatu tim, mendelegasikan sebuah tanggung jawab, menetapkan harapan ataupun saling mengingatkan pada rekan yang lain atas suatu masalah.

Menggunakan catatan kecil dapat membantu anda untuk mengatur pikiran, tugas, tujuan serta mendefinisikan pikiran anda dalam kerangka kerja. Dengan cara tersebut komunikasi menjadi lebih terarah dan tidak melebar pada yang lain.

contoh-komunikasi

Berikut beberapa hal yang dapat  anda pelajari, agar dapat berkomunikasi dengan baik :

  • Jadilah proaktif, contoh menjadi seorang yang proaktif adalah menceritakan pada karyawan anda tentang syarat atas proyek baru yang sudah berjalan setengah dalam pekerjaan adalah hal yang tidak efektif. Cobalah untuk menjadi proaktif, yaitu dengan mengatakan lebih awal kepada karyawan anda apa saja yang anda harapkan pada proyek tersebut. Karena, Menetapkan harapan pada proyek yang dikerjakan oleh tim anda jauh sebelum tindakan diambil dapat membantu anda ketika terjadi sesuatu, tim anda dapat mengetahui dan mengatasi hal tersebut sesegera mungkin.

creativeteam

Salah satu cara praktek sederhana dan mudah untuk memulai hal tersebut adalah dengan mengatur “alarm” pada ponsel anda dan memanfaatkan aplikasi kalender, sehingga anda dapat mempertimbangkan beberapa hal untuk ditindak lanjuti lebih lanjut.

  • Bersedia untuk berbincang, hal tersebut penting dalam membangun semangat tim ketika pemimpin hadir dan berada dalam tim tersebut, meskipun tidak mungkin waktu anda tidak tersedia 100 persen untuk berbincang. Tunjukkanlah pada tim anda kesabaran dan penghargaan anda atas pikiran dan pendapat mereka, sehingga mereka akan lebih bersedia untuk berbagi dengan anda ketika mereka memiliki suatu masalah dalam pekerjaannya, membutuhkan bantuan ataupun ketika mereka melihat sesuatu yang seharusnya diperbaiki.

menjadi-proaktif

  • Mendengarkan, menjadi pendengar yang baik untuk setiap anggota tim anda. Dengan mendengarkan setiap anggota tim anda, anda mendapatkan beragam pendapat serta ide-ide baru dari setiap anggota tim anda, sehingga hal tersebut membantu anda untuk melihat sisi kelemahan dan inkonsistensi yang ada pada diri maupun tim anda. Lakukanlah hal ini lebih awal sebelum memulai suatu proyek dan secara konsisten sehingga anda pun turut membangun kepercayan pada tim anda.