Salah satu factor yang paling penting dalam keberhasilan sebagai seorang pemimpin adalah “Bagaimana pemimpin tersebut berkomunikasi dengan timnya ? ”.

Pada dasarnya, Komunikasi adalah tentang pertukaran informasi, baik dari pendapat suatu tim, mendelegasikan sebuah tanggung jawab, menetapkan harapan ataupun saling mengingatkan pada rekan yang lain atas suatu masalah.

Informasi yang baik tentu akan mempengaruhi bagaimana rencana yang akan dilakukan?, seperti kelengkapan informasi, akurasi, waktu serta bentuk pesan yang disampaikan. Selain berperan besar dalam moral tim yang dipimpin, Bagaimana seorang pemimpin memperlakukan karyawan memiliki dampak langsung, bagaimana tim anda menghormati satu sama lain, sehingga berpengaruh juga terhadap pekerjaan yang masing-masing mereka lakukan.

Jadi, strategi apa yang digunakan untuk orang-orang yang sukses memimpin dalam berkomunikasi yang baik ?, berikut ciri-ciri yang dapat anda pelajari :

komunikasi

  • Pilih media dengan hati-hati, yaitu pastikan anda mempertimbangkan media yang anda gunakan, seperti mengirimkan teks atau pesan suara kepada karyawan anda adalah hal yang penting, pastikan bahwa saluran yang anda gunakan untuk memberitahukan kepada para tim sesuai, pada kasus yang sama seperti contoh email bukan cara terbaik untuk memulai percakapan secara panjang lebar yang membutuhkan feedback , terutama jika menyangkut subjek sensitif. Sebagai seorang pemimpin yang WAJIB mengetahui dan belajar membaca situasi untuk memutuskan media apa sesuai untuk digunakan dalam bentuk yang tepat, efektiv saat menyampaikan informasi.

komunikasi-tips

  • Pertimbangkan Nada dan arah, Sama pentingnya juga ketika berbicara seseorang dengan menatap wajah. Ketika menyampaikan sebuah pesan, ingat apa yang ingin anda capai dan bagaimana anda dapat menemukan hal tersebut.

Sebagai contoh, seorang karyawan melakukan pekerjaan dibawah standar atau target yang sudah ditentukan, ingat bahwa anda tidak hanya menginginkan karyawan tersebut merasa bersalah atas kesalahan yang dilakukannya, anda menginginkan juga karyawan tersebut agar dapat meningkatkan kinerjanya sehingga tidak masalah tersebut tidak terjadi lagi.

Bingkai kata-kata anda agar tujuan anda tercapai, bukan hanya memarahi atau sekedar menegur, menggunakan nada yang ramah untuk tujuan memperbaiki masalah tersebut, sehingga pencapaian anda lebih besar, membuat niat anda jelas dan menjadi budaya dalam tim anda.

tips-komunikasi

  • Fokus, yang berarti jauhkan pesan bertele-tele atau memulai pada suatu masalah yang sangat sulit. Ingat bahwa anda harus focus pada apa yang sudah anda tentukan sebelumnya. Berbicaralah ketika anda memiliki sesuatu yang bermakna, dan pastikan tujuan anda jelas kepada siapa anda berbicara. Menggunakan catatan kecil dapat membantu anda untuk mengatur pikiran, tugas, tujuan serta mendefinisikan pikiran anda dalam kerangka kerja. Dengan cara tersebut komunikasi menjadi lebih terarah dan tidak melebar pada yang lain.