Steve Jobs, yang kebanyakan dari kita tahu untuk karyanya di Perusahaan Apple, Ia melihat ke cermin setiap hari dalam hidupnya dan bertanya pada dirinya sendiri satu pertanyaan: “Jika hari ini adalah hari terakhir hidup Anda, apa yang ingin anda lakukan? “Sebagian besar, menjawab kembali sebagai orang sukses, tapi untuk rata-rata orang, mungkin bervariasi. Begitu bergairah tentang pekerjaannya adalah Jobs bahwa ia bekerja sampai hari sebelum kematiannya, meskipun menderita kanker pankreas.

stevejobs1

Minda Zetlin membahas manfaat dari bertanya kepada diri sendiri pertanyaan ini setiap hari dalam hal, bagaimana dapat membantu kita untuk mengetahui apakah kita memenuhi atau tidak dalam potensi diri kita dan bekerja di karir yang kita cintai. Menanyakan pertanyaan ini dapat membantu kita untuk menumbuhkan rasa tujuan dalam kehidupan pribadi kita serta kehidupan profesional kita. Berikut adalah 6 pertanyaan yang dilakukan sehari-hari oleh Steve Jobs, dan dapat menantang kita untuk bertanya pada diri sendiri.

  1. Apakah pekerjaan Anda membuat Anda tersenyum?

Tidak ada pekerjaan yang sempurna. Kita semua harus berurusan dengan tuntutan jadwal, rekan kerja yang rewel, jam kerja yang panjang, dan mematikan pikiran tugas. Tapi aku datang untuk menyadari bahwa pada akhir hari, jika saya sudah tersenyum hanya sekali sebagai hasil dari pekerjaan saya, itu semua sia-sia. Tersenyum di tempat kerja mengingatkan Anda bahwa Anda sedang melakukan sesuatu, betapapun kecilnya, dalam rutinitas harian Anda yang Anda temukan dan memuaskan.

stevejob smile

  1. Seberapa lelah perasaan Anda pada akhir hari ?

Tampaknya ada dua jenis kelelahan: kesiapan yang baik untuk beristirahat setelah melewati hari yang produktif, dan rasa keletihan seperti Anda telah mendaki gunung hanya untuk menemukan diri Anda di bagian bawah dan harus menghadapi kerepotan yang sama besok. Jika Anda hidup sesuai dengan filosofi Steve Jobs, Anda harus, setidaknya dalam sebagian besar hari, Anda mengalami perasaan yang pertama bukan pada rasa kelelahan yang kedua.

-rasa-lelah

Ketika anda tidur dengan perasaan bahwa Anda telah mencapai sesuatu, dapat berarti dua hal: bahwa Anda menggunakan bakat Anda dengan cara yang Anda temukan dan bahwa Anda berkontribusi secara produktif untuk dunia di sekitar Anda.

  1. Apakah pekerjaan Anda dihargai?

Saya tidak berbicara tentang pengakuan formal, meskipun yang bernama karyawan belum tentu tidak membahayakan kredensial profesional Anda. Sebaliknya, apakah perlakuan orang-orang menghargai pekerjaan yang Anda lakukan? Apakah rekan-rekan berterima kasih atas pekerjaan Anda, pujian dedikasi atas Anda, dan memberitahu Anda seberapa baik Anda melakukan pekerjaan Anda setidaknya kadang-kadang? Kesehatan mental dan fisik saling terkait, dan emosi, baik negatif dan positif, bahwa kita membawa pulang apa yang ada di sekitar lingkungan tempat kerja kita.

reward_recognition

Bekerja di lingkungan di mana Anda merasa dihargai tidak hanya memberikan kontribusi untuk kesuksesan profesional Anda, tetapi membantu Anda untuk menghindari membawa getaran buruk ke rumah Anda dan menyia-nyiakan “downtime” Anda dengan pikiran tentang kerja paksa atau kantor politik.

  1. Apakah Anda memiliki penyesalan?

Apa Anda menyesal tentang cara Anda menjalani hidup Anda? Saat kita bahagia, kita cenderung untuk fokus pada apa yang kita bisa lakukan daripada apa yang kita lakukan pada saat itu. Minda Zetlin menunjukkan bahwa beberapa penyesalan terbesar yang kita miliki adalah karena takut gagal. Mengubah karir, mengejar pendidikan yang lebih, atau belajar keterampilan baru mempunyai resiko. Kadang-kadang Anda akan berhasil, kadang-kadang tidak, tapi itu jauh lebih baik untuk mencoba dan gagal, daripada menghabiskan hidup Anda bertanya-tanya apakah Anda akan berhasil.

work-hard

  1. Apakah pekerjaan Anda mengkonsumsi hidup Anda?

Umumnya mengatakan bahwa tidak ada yang pernah berharap meninggalkan pekerjaan, mereka ingin bekerja lebih. Tidak semua pekerjaan memungkinkan Anda untuk meninggalkan pekerjaan Anda di meja pukul 5, terutama di era digital, tapi itu tidak berarti pekerjaan Anda harus mengontrol hidup Anda. Batas-batas kapan dan di mana Anda bisa. Duduk untuk makan malam dengan keluarga Anda ketika ada waktu yang memungkinkan. Menyia-nyiakan beberapa menit membaca novel terbaru tentang aktivitas di pagi hari atau di atas treadmill. Temukan cara untuk mengisi hidup Anda dengan berbagai cara untuk memberikan diri Anda alasan menghadapi setiap hari dengan sesuatu untuk selalu bersemangat.

  1. Apakah Anda merasa terangsang?

Salah satu hal yang saya suka tentang pekerjaan saya sebagai guru dan penulis adalah bahwa saya selalu belajar sesuatu, baik melalui penelitian atau percakapan dengan mahasiswa saya yang menantang saya untuk memeriksa dunia dari sudut yang berbeda. Pertemuan dengan tantangan atau belajar hal-hal baru dalam pekerjaan Anda membuat pikiran Anda aktif dan memperluas pengetahuan dan keterampilan Anda, tetapi juga dapat membantu untuk membumbui rutinitas monoton anda sehari-hari. Apakah Anda seorang ibu rumah tangga atau manajer hedge-fund, memiliki mental atau fisik untuk merangsang pekerjaan yang harus dilakukan dapat meningkatkan rasa produktivitas dan harga diri. Tidak ada yang sebanding dengan kepuasan menetapkan tugas dan menyelesaikannya sendiri.

Sumber : Lifehack.org