Pelatihan Bisnis Indonesia : Cara untuk Memperkuat Komunikasi Internal Startup Anda.

Saat kita membangun sebuah bisnis startup, komunikasi sangat penting dilakukan oleh masing-masing individu. Pentingnya skill berkomunikasi yang diperlukan dalam mendelegasikan tugas Anda kepada team untuk memberitahukan kegiatan serta pencapaian mereka.

Tanpa adanya skill komunikasi yang bagus, maka Anda dengan tim akan mengalami miss communication. Bila hal itu terjadi, maka akan ada perselisihan antara Anda dengan tim Anda. Kerjaan Anda yang tadi mudah dikerjakan akan menjadi sulit.

Akibat dari tidak pandainya berkomunikasi, suasana yang tidak kondusif akan terjadi. Jika hal ini tidak bisa diatasi, maka akan menciptakan jarak antara Anda dengan teman satu team Anda.

Hal ini juga akan mengakibatkan pencapaian target startup Anda akan terganggu.

Cara untuk Memperkuat Komunikasi Internal Startup Anda

Untuk mencegah hal-hal tersebut, maka Anda harus menempuh langkah-langkah sebagai berikut:

Meningkatkan Komunikasi Internal

Bagi para pebisnis startup, tanpa adanya komunikasi yang bagus antara Anda dengan team anda, maka startup tersebut akan mengalami kehancuran. Tanggung jawab yang tidak jelas serta jobdesk yang tidak pasti itu akan mengakibatkan tumpang tindihnya suatu jobdesk yang dipikul oleh orang yang berada di dalam team Anda.

Tumpang tindih ini mengakibatkan pekerjaan yang tadinya harus selesai pada batas waktu tertentu akan tertunda.

Jangan Ambigu Didalam Komunikasi

Di dalam proses komunikasi sering kali kita menggunakan kata-kata yang tidak jelas dengan team maupun dengan atasan. Kata-kata yang tidak jelas atau ambigu bisa menyebabkan miss komunikasi antara kita dan orang yang menerima delegasi.

Di dalam melakukan delegasi suatu pekerjaan, berkomunikasi yang ambigu akan menghabiskan waktu antara Anda dengan orang yang Anda delegasikan. Orang yang Anda delegasikan tersebut akan mencari tahu apa maksud dari yang Anda delegasikan.

Komunikasi yang ambigu tersebut mungkin terjadi karena Anda tidak fokus dan terlalu banyak pekerjaan yang Anda ingin selesaikan. Ada baiknya Anda dan orang yang menerima delegasi  tersebut melakukan klarifikasi pekerjaan yang ingin Anda serahkan kepada team atau bawahan Anda.

Jalin Sedikit Keakraban Anda dan Team Anda.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan jarak antara Anda dengan bawahan serta team Anda. Salah satunya adalah perbedaan tingkat kedudukan. Perbedaan tingkat kedudukan Anda dengan mereka adalah menjadi faktor yang paling sering terjadi di dalam komunikasi team.

Bawahan Anda atau team Anda mungkin enggan menjalin komunikasi dengan Anda. Penyebab

Terjadinya jarak keakraban Anda dengan team Anda dan perasaan akan salahnya memilih kata-kata untuk berkomunikasi menjadi penghalang mereka berkomunikasi dengan Anda.

Untuk solusinya mungkin Anda bisa menjalin sedikit keakraban dengan team Anda supaya keadaan di kantor menjadi tidak tegang atau sedikit santai. Bagi Anda para pebisnis startup baru atau lama yang ingin tahu, bagaimana startup Anda bisa berkembang dengan baik maka Anda wajib mengikuti workshop kami  yaitu:

Training For Startup”.

Untuk informasi Workshop Training For Startup ini Anda bisa menghubungi kami dinomor 0811-265-2244.