Marketing sebenarnya adalah sebuah proses sederhana dengan biaya murah yang akan memberikan hasil solid jika anda mengikuti beberapa langkah dan aturan dasar dibawah ini :

  1. Tentukan target “audiens” anda.

Menentukan target pembeli anda, misal “wanita usia 30 – 45 tahun”. Contoh tersebut adalah langkah awal anda dalam membuat profil rinci, namun itu saja tidak cukup. Semakin anda lebih rinci mengidentifikasi segmen anda, maka semakin potensial seorang calon pembeli anda untuk didekati.

target-audiences

  1. Identifikasi bisnis local yang melayani segmen pasar yang sama

Dengan cara tersebut, anda tidak hanya sekedar membuat calon pembeli anda membeli produk anda, namun meningkatkan kemungkinan mereka menjadi pelanggan anda, karena akan kembali lagi untuk membeli produk anda lagi (berlangganan )

identify

  1. Memberikan tawaran yang jelas kepada calon pelanggan maupun calon pembeli

Tawaran yang jelas disini adalah, informasi yang jelas seperti dapatkan produk gratis dengan syarat berikut, atau memberikan diskon maupun layanan yang memiliki nilai yang tinggi bagi konsumen dengan biaya yang rendah bagi calon pelanggan.

perawatan-sepatu

Contohnya adalah, sebuah toko perhiasan memberikan layanan jasa membersihkan perhiasan yang dibeli dari toko tersebut secara gratis. Dengan hal tersebut tentu pelanggan mendapat hal yang menguntungkan yaitu perawatan, selain itu dengan adanya perawatan perhiasan toko tersebut dapat selalu terhubung dengan pelanggan

age-group-audience

  1. Sampaikan bagaimana bisnis anda memberikan manfaat bagi calon pembeli anda.

Tekankan bahwa bisnis yang anda bangun untuk menghargai pelanggan sampai pada pelayanan agar pelanggan tidak terbebani, hal tersebut adalah salah satu upaya untuk menjangkau pelanggan lebih dekat.

 store-shoe

  1. Kembangkan strategi anda,

Mengembangkan strategi untuk mengkonversi pembeli menjadi pelanggan, Hal tersebut adalah jangka panjang dalam bisnis anda.

Contoh dari pengembangan strategi adalah, sebuah toko roti baru memberikan selai coklat secara gratis untuk pembelian sebanyak 4 pcs, Pendekatan ini membagikan 4 roti hanya dengan selai coklat secara gratis

penawaran

Cara yang paling efektif dalam menarik minat pembeli secara cepat adalah menarik para pelanggan yang berkualitas dalam bisnis baru anda, disamping anda mencari pelanggan dengan iklan offline maupun online, anda juga dapat memanfaatkan kelompok sasaran konsumen secara massal untuk memulai penjualan anda.