Ini adalah fakta yang diketahui bahwa salah satu alasan karyawan yang paling kuat untuk meninggalkan pekerjaan mereka karena mereka merasa tidak dihargai atau mereka tidak membawa nilai yang nyata bagi tim mereka.

Portrait of an excited businesspeople giving each other high five for successful business at office

Jika anda ingin memotivasi tim anda untuk melakukan yang terbaik, sebagai pemimpin anda harus membiarkan mereka tahu bahwa mereka adalah bagian penting dari tim anda. Dalam rangka memotivasi dan membangun sebuah tim agar menjadi yang terbaik, ada beberapa langkah penting yang harus anda ikuti, jika anda menginginkan perusahaan anda mencapai kesuksesan.

  1. Membangun hubungan dengan tim Anda.

meningkatkan kinerja

Bukan berarti bahwa Anda harus bergaul dengan mereka di restoran, atau menjadi salah satu teman akhir pekan mereka.

Jika Anda ingin memotivasi tim Anda agar memilki keunggulan, maka Anda harus meluangkan waktu untuk mengenal tim Anda secara pribadi dengan berbicara secara individual kepada mereka pada waktu yang berbeda, menanyakan pertanyaan dasar, dan membiarkan mereka melihat bahwa Anda adalah seseorang yang dapat diajak bertukar pikiran.

Orang akan merasa sulit untuk “pergi bersama” dengan Anda jika mereka tidak bisa “bergaul” dengan Anda.

  1. Kenali mereka secara pribadi, bukan hanya kemampuan mereka.

Discussing business. Two cheerful business people in casual wear talking and gesturing while sitting at the table

Terlalu sering, kita terlalu cepat untuk memuji orang atas pekerjaan yang dilakukannya dengan baik, tapi kita gagal untuk membiarkan orang tahu bahwa kita menghargai mereka sebagai pribadi. Pujilah mereka untuk pekerjaan yang dilakukan dengan baik, tetapi tetap memperhatikan kualitas dan bakat pribadi mereka dan bagaimana mereka membawa nilai dalam sebuah tim.

Hal ini harus dilakukan secara pribadi secara acak sehingga mereka dapat melihat bahwa Anda adalah orang yang memperhatikan dan Anda tahu mereka berada di tim Anda. Sebagai contoh: “Hei Johnny, adalah beberapa ide-ide besar kamu datang dalam pertemuan tim hari ini, saya suka cara kamu berpikir!” BOOM! Johnny merasa lebih dihargai! Dia hanya melihat kata “memotivasi” untuk segera beraksi.

  1. Pelajari nama mereka.

ingatnama-

Salah satu hal yang paling berharga yang kita miliki sebagai seseorang adalah nama kita. Ini adalah suatu hal yang mengidentifikasi kita dan membuat kita berbeda di antara yang lain. Sesuatu yang sangat istimewa terjadi ketika kita mendengar nama kita, -karena hal tersebut memberitahu kita bahwa kita adalah bagian penting! Saya menjamin Anda, bahwa ketika Anda sebagai seorang pemimpin memanggil anggota tim Anda keluar dengan nama dan berbicara kepada mereka, mereka akan duduk dan memperhatikan.

Mereka akan segera menyadari mereka tidak hanya urutan nomor untuk Anda. Sebagian besar dari kita tahu bahwa salah satu kedai kopi yang paling terkemuka di dunia yang dibangun seluruh bisnis mereka belajar nama Anda, satu pelanggan pada satu waktu.

  1. Perlakukan tim Anda untuk sesuatu yang istimewa.

Ukuran dan sifat dari apa yang Anda tawarkan kepada tim Anda tergantung pada anggaran dan ukuran tim Anda. Tentu saja, ini bukan sesuatu yang Anda akan lakukan setiap hari atau bahkan setiap minggu, tetapi Anda dapat mencoba untuk melakukannya sebagai hadiah bulanan.

o_19a817pv213io17t1ogql87clda

Ada begitu banyak ide-ide yang datang ke pikiran untuk hal ini, tapi yang penting untuk diingat adalah bahwa hal itu bukan ukuran bagaimana memperlakukan seseorang tapi pikiran di balik itu. Mereka perlu melihat itu nyata dan rasa sayang dari hati Anda. Seperti, mungkin termasuk pergi ke kedai kopi lokal dan membelikan mereka minuman favorit mereka, atau katering di siang yang sehat dan mengisi.

Hal ini tidak hanya memungkinkan melihat mereka merasa dihargai tetapi membawa tim bersama-sama berfungsi sebagai satu dengan mengenal satu sama lain. “ Ketika saya berhasil ke kedai kopi lokal, kami beralih memanggang cookie. Setiap hari kita memanggang cookie, dan kami memiliki seorang pengacara yang akan datang setiap sore dan memerintahkan dua lusin untuk stafnya. Dapatkan ide-ide kreatif karena ada banyak cara untuk “mengobati tim Anda.”

  1. Membuat keberhasilan secara bersama-sama.

keberhasilan tim

Luangkan waktu anda dalam pertemuan tim setiap minggu untuk mengenali dan berbicara tentang orang-orang yang membuat perbedaan minggu itu. Biarkan seluruh tim melihat bahwa Anda memperhatikan dan menghargai itu.

Hal ini membuat orang lain ingin mendorong lebih keras dan melakukan lebih karena mereka melihat bahwa kerja keras dihargai. Anggota tim lain tidak tahu apa yang telah terjadi di departemen lain, atau prestasi yang mereka miliki, jadi ini juga merupakan cara yang bagus untuk menjaga tim anda dengan informasi terbaru dan terbesar dalam perusahaan.

  1. Mengatur target yang tinggi dan dicapai dengan tujuan.

impiantim

Keunggulan tidak dapat dicapai dalam satu hari, tetapi dapat dicapai dari waktu ke waktu dengan semua orang yang bekerja bersama-sama. Orang-orang akan segera berkecil hati ketika mereka melihat bahwa tujuan membutuhkan jalan keluar yang diluar jangkauan mereka.

Ketika kita menetapkan tujuan untuk sebuah tim, mereka harus cukup percaya bahwa mereka harus bekerja dengan penuh upaya, mereka tidak mempunyai alasan bahwa orang tersebut hanya menyerah begitu saja.

Agar tujuan tercapai mungkin kita dapat meminta mereka untuk “menandatangani 25 klien baru minggu ini” sebagai lawan “bertemu dengan 10 klien potensial pekan ini.” Tanyakan pada diri Anda jika tujuan Anda sedang mengatur dan mengharapkan seseorang berhasil apakah anda sendiri dapat mencapainya jika anda di possisi mereka.

  1. Buat kontes dengan hadiah.

kontesberhadiah

Apakah kita suka atau tidak, orang-orang saat ini lebih insentif dan mereka suka orang-orang yang menguntungkan atau orang yang mereka cintai. Pikirkan tentang hal-hal yang berarti dunia untuk Anda jika telah bekerja keras.

Jika itu merupakan hal besar  yang Anda minta untuk tim anda, maka Anda dapat membuat kontes yang berjalan dan suatu hadiah yang sedikit lebih mahal seperti makan malam di hotel atau restoran di kota anda, voucher spa. Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk hal ini, tetapi jika anda kekurangan ide, Anda bias melakukan survei ke tim anda dan meminta apa mereka menemukan apa yang bermanfaat bagi mereka.

  1. Menjadi bagian dari tim.

bagian tim

Sungguh menakjubkan, ketika pemimpin tim tiba-tiba merasa seolah-olah mereka telah dihapus dari posisi mereka menjadi anggota tim. Tim Anda akan tahu Anda adalah pemimpin dengan cara Anda memimpin, dan jika Anda terus-menerus harus mengingatkan mereka tentang itu, maka ada sesuatu yang salah. Masuk dan ikut bergabung dalam tugas-tugas pekerjaan yang berbeda tidak hanya membuat Anda menjadi bagian dari tim, tetapi juga memberi Anda kesempatan besar untuk menunjukkan kepada mereka cara meningkatkan kinerja.

“ Ketika saya adalah direktur sekolah yang disebutkan di atas, saya tidak pernah tinggal di kantor saya – saya selalu mencari cara untuk memotivasi tim saya. Aku dikenal sebagai manajer perjalanan, dan itu pujian untuk saya karena saya ingin staf saya tahu aku ada di sana dengan mereka.”

Aku pergi ke ruang kelas yang berbeda, dan singgah untuk melihat bagaimana guru saya melakukan pekerjaannya. Beberapa kali bahkan sampai duduk dan makan siang di kantin dengan kelas yang berbeda dan guru mereka. Staf saya tahu bahwa saya adalah seperti seorang manajer dan saya tertarik pada apa yang mereka lakukan. Ini juga membantu saya untuk melihat apa yang perlu dilakukan untuk mencapai keunggulan yang saya cari.

  1. Have fun!

have-fun work

Tidak peduli betapa sulitnya tugas atau tujuan yang akan dicapai, orang melakukan lebih baik ketika mereka berada di suasana yang menyenangkan. Setelah semua, suatu saat kita merasa bahwa kita adalah anak-anak  yang mencoba melakukan sebuah tugas, akan tetapi kita tidak pernah menyerah dan kita bersenang-senang saat melakukannya.

Jangan biarkan anak buah mu merasa jenuh didalam pekerjaannya! Pergilah bekerja dengan bahagia, dan biarkan staf Anda tahu berapa banyak hal yang anda nikmati ketika berada di sana bersama mereka dan bekerja sama. Memotivasi mereka untuk mencapai keunggulan dengan sukacita dan menyenangkan, dan mengingatkan mereka tentang bagaimana rasanya menjadi anak-anak lagi.

Memiliki tim yang menghormati anda karena anda pantas mendapatkannya bukan karena anda hanya menuntut dan memotivasi tim anda untuk berusaha lebih keras mencapai keunggulan yang diinginkan perusahaan. Jika ada yang kurang dalam hasil pencapaian untuk berhasil dan menjadi yang terbaik, maka anda perlu mencari tahu bagaimana anda bisa menjembatani kesenjangan itu, karena tanpa mereka, anda tidak akan pernah mencapai kebesaran.

Saya suka pepatah lama ini bahwa pembelajaran tahun pertama yang lalu adalah:

“Individu memenangkan piala tapi tim memenangkan kejuaraan”

Jadi, yang Anda cari untuk memenangkan trofi atau kejuaraan? Mengambil trik sederhana ini dan menerapkannya ke tim Anda akan membua perbedaan dalam dunia perusahaan Anda dan Anda akan segera mulai melihat hasilnya. Ingat, sebagai seorang pemimpin, jika Anda berbalik dan melihat, dan melihat orang-orang di belakang Anda, maka Anda adalah seorang pemimpin. Jika Anda tidak, maka Anda hanya keluar di jalan-jalan yang panjang.

sumber : lifehack.org