Dalam segala bidang, yang akan bertahan hidup adalah yang bisa menyesuaikan diri dengan keadaan. Apalagi di era yang menghargai kreativitas individu. Seringkali, cara-cara lama tidak berlaku lagi. Dalam berbisnis contohnya. Metode promosi yang terlalu to the point dan kelihatan semata-mata hanya menjual, justru membuat orang jadi kurang nyaman.

 

Bagaimana Agar Brand Anda Berbeda dari yang Lain?

Mari kita memulainya dengan memahami brand awareness. Apakah brand awareness itu? Brand awareness adalah tentang kemampuan orang dalam mengenali sebuah merek, termasuk dalam hal mengingat nama produk, logo, kemasan, dan juga slogan dan tagline tertentu yang digunakan oleh suatu brand dalam mempromosikan produknya.

Agar brand Anda terlihat unik, berkesan, dan berbeda dari yang lain, banyak yang bisa digali. Pertama, Anda bisa menciptakan rasa keterkaitan antara brand Anda dengan target market. Sebuah brand dibangun dengan maksud untuk menyelesaikan masalah orang-orang yang menjadi target marketnya. Secara teknis kemudian Anda bisa mengasah kemampuan cara promosi yang lebih halus agar audiens lebih tidak terganggu, misalnya melalui cerita.

 

Membungkus Iklan dalam Cerita (storytelling)

Salah satu PR bagi semua pelaku bisnis online shop adalah memanfaatkan akun media sosial. Bagaimana memanfaatkan media sosial untuk aktivitas online shop? Yang terpenting adalah bagaimana pelaku bisnis online shop mengemas promosi melalui kalimat yang menarik. Penulis iklan yang kreatif adalah orang-orang yang banyak bekerja di balik layar dalam hal ini. Mereka menggunakan teknik bercerita (storytelling) untuk mengedukasi masyarakat.

 

Pentingnya Kreativitas dalam Menjual

Karena menjual adalah aktivitas yang butuh kreativitas, maka bisa dikatakan kalau tidak ada metode atau rumus eksak yang pasti berlaku di semua bidang. Masing-masing produk memiliki target marketnya, dan masing-masing target market memiliki cara khusus untuk mendekatinya.

Produk dengan target market anak muda 20an berbeda iklannya dengan yang target marketnya orangtua yang memasuki masa pensiun. Itu hanya contoh. Masih banyak contoh yang lain. Apalagi orang-orang yang membuat iklan memiliki daya imajinasi tersendiri yang tidak bisa disamai oleh orang lain.

Untuk melatih kemampuan Anda dalam memasarkan produk dan jasa Anda saat membangun bisnis Anda sendiri, ikuti seminar Be a Great Sales pada tanggal 30 Oktober 2018 di Novotel Solo. Info lebih lengkap hubungi 08112652244.