Semakin maju teknologi semakin banyak dan mudah untuk pemasaran produk di bisnis melalui banyak media yang dapat digunakan. Bahkan siapapun kini sangat mudah menjadi seorang marketers yang ikut memasarkan produk dagangan diri mereka sendiri atau orang lain. Mulai dari pemasaran via word of mouth, media cetak hingga media online.

Semakin banyak media online yang bermunculan memiliki ragam bentuk mulai dari website hingga media sosial.Media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan Google Plus biasanya banyak digunakan oleh perusahaan berskala menengah ke atas. Tetapi bukan ketidakmungkinan lagi sebuah bisnis kecil untuk mencoba pemasarannya melalui media online, seperti hal nya yang akan dibahas dibawah adalah emasaran via email yang mudah untuk dipelajari.

Berikut adalah 6 teknik yang harus Anda lakukan atau merubah untuk optimasi Email Marketing bisnis kecil Anda :

  1. Tampilan Email Yang Lebih Asyik untuk Gadget

mobile-user-friendly-670x300

Hampir 80.8 % orang lebih banyak melakukan aktivitas hariannya melalui gadget yang dimiliki. Kemampuan mengoperasikan perangkat elektronik dan juga internet membuat masyarakat lebih mudah mengenal luas informasi dan memperkenalkan apa bisnis mereka.

Bagi bisnis kecil akan lebih mudah ketika menjangkau pasar dengan mengoptimasi tampilan dan konten email yang akan muncul melalui ponsel. Email yang lebih user friendly, konten yang menarik dan ajakan yang mampu membuat banyak orang tertarik dengan tawaran kita.

  1. Buatlah Subjek Email Yang Lebih Menarik

Sebuah email penawaran produk yang dikirim ke orang tetapi memuat judul yang tidak menarik atau bahkan tidak memakai judul email, akan menjadi kemungkinan besar sering terabaikan oleh penerima. Subjek atau judul emai harus benar-benar menarik hati seseorang dan mengandung ajakan. Jangan meremehkan sebuah email jika produk Anda ingin dibuka, dibaca dan ditanggapi.

hook_with_great_subject_line1

Ini juga sangat penting untuk pemasaran dalam bisnis kecil. Upaya untuk memperkenalkan produk dan bisnis tergantung dari seberapa menarik dan unik kita dalam mempromosikan produk / jasa kita kepada calon-calon pelanggan. Cobalah Anda untuk mengubah atau mengoptimasi subjek email menjadi lebih menarik karena merupakan hal yang pertama kali akan dilihat oleh pembaca.

  1. Buatlah serapi mungkin tampilan Email yang mudah untuk diba

Banyak orang lebih menyukai tampilan email yang rapi juga enak untuk dibaca. Bukan hanya judul email yang menarik dapat membuat orang membaca keseluruhan email, hingga menanggapinya.

tampilan-yang-menarik-untuk-gadget

88% orang yang membaca email karena didalamnya mengandung konten visual yang enak dilihat berupa HTML, dan hanya 12 % orang yang menyukai tampilan atau konten dalam email tersebut yang hanya berupa Teks. Nggak ada salahnya Anda mencoba untuk merubah atau optimasi tampilan email yang membuat orang tertarik untuk membaca dan tidak membosankan. Ada beberapa platform atau aplikasi yang dapat membantu kita untuk membuat dan mengirim email dengan lebih cantik, seperti Mailchimp

  1. Gunakan Kata-kata yang Banyak di klik Pada Baris Subjek Email

menggunakan-kata-kata-yang-menarik-untuk-di-klik-1024x398

Menggunakan kata-kata produk yang sering dicari dan diklik sangat penting sekali sebagai umpan kita untuk memancing para penerima untuk membaca email tersebut. Taruh kata-kata tersebut di tengah judul email Anda juga jangan terlalu panjang dalam memberikan judul email hingga pembaca sulit untuk memahaminya.

  1. Konten visual lebih disukai pembaca Email

Membuat dan mengirim email penawaran promosi produk kepada calon-calon pelanggan haruslah yang lebih komunikatif, menarik dan pastinya yang mengajak. Saat ini orang leih suka membaca dan memahami sebuah informasi banyak menggunakan konten visual dari pada hanya membaca teks walaupun itu sangat menarik sekalipun.

konten-visual-untuk-email

Cobalah membuat dan memberikan sentuhan visual yang menarik dalam Email yang akan Anda kirimkan kepada banyak orang. Seperti banner, gambar produk dipercantik atau infografis. Cara ini lebih efektif menarik mata dan hati para pembaca.

  1. Berikan petunjuk yang jelas, kemana mereka akan memesan atau membeli produk

button-action-email-marketing-1024x742

Dalam sebuah email yang kita kirimkan kepada pelanggan, yang kita harapkan adalah menyukai, memesan dan membayar produk kita. Berikan tambahan tombola atau tulisan, “Add to cart”,  “Click Here”, “Order Now”, “Klik untuk pemesanan” atau yang lainnya yang bertujuan untuk memudahkan kemana ketika pembaca ingin membaca detail ataupun langsung memesan produk Anda. Selain itu juga berikan informasi alamat office atau nomor yang dapat dihubungi ketika mereka tertarik dan ingin memesan produk Anda.

via : www.mediabisnisonline.com