Apa yang membuat Warren Buffet, Steve Jobs, Bill Gates, Oprah Winfrey menjadi manusia-manusia yang hebat ?, dan Apa yang membuat beberapa orang yang kita kenal menjadi begitu hebat dibanding dengan orang yang kita kenal lainnya ?

Tidak sedikit orang yang berpikiran bahwa kehebatan yang dicapai seseorang didapat atas anugerah atau bakat alami, sehingga mereka hebat dalam bidangnya masing-masing. Tapi,  benarkah sesederhana itu atas pencapaian yang mereka dapatkan karena bakat alami?, Kebesaran orang-orang hebat disebabkan oleh usaha keras yang tak kenal lelah, sepanjangwaktu tertentu. Seseorang akan mencapai kehebatan setelah melalui sejumlah kerja keras yang besar selama bertahun-tahun, bahkan terkadang pengorbanan yang menyakitkan.

Best quote of warren buffett

Seperti Buffet, ia terkenal karena dispilin yang ia jalani dan waktu yang membosankan yang ia habiskan untuk mempelajari laporan keuangan terkait target investasi potensial.

“kita selalu bisa membuat diri kita menjadi besar, dalam bidang apapun yang kita tekuni, meski kita tidak memiliki bakat bawaan dalam bidang tersebut”,

seperti halnya buffet dan orang hebat lainnya. Bakat bukanlah sifat kepribadian maupun kecerdasan, melainkan kemampuan bawaan dalam melakukan beberapa kegiatan tertentu. Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Michael J.Howe, Jane W. Davidson, dan Jhon A. Sluboda, mengatakan bahwa “Keunggulan bukan merupakan sebuah konsekuensi dari memiliki bakat bawaan” dalam artian, bukan berarti seseorang yang mempunyai bakat tertentu akan memiliki sebuah keunggulan.

kerja keras

kerja keras

Para peneliti tersebut menemukan fakta, bahwa di hampir setiap bidang usaha, pada awalnya sebagian besar orang belajar dengan cepat, tapi kemudian lebih lambat dan akhirnya berhenti berkembang sepenuhnya. Akan tetapi bagi sebagian yang lain, mereka berhasil meningkatkan diri selama beberapa tahun bahkan puluhan tahun berikutnya, hingga akhirnya mencapai kebesaran.

Tapi mengapa, sebagian besar orang bisa terus meningkatkan kemampuannya, sementara sebagian besar yang lainnya berhenti berkembang sama sekali ?, Profesor K. Andres Ericsson dari Florida State University, beserta para ilmuwan di seluruh dunia melakukan sejumlah studi dan pengamatan di berbagai bidang baik olahraga, music, bisnis dan bidang lainnya. Hasilnya adalah :….

“Tidak ada pengganti untuk sebuah Kerja Keras”…

Steve-Jobs-

Steve-Jobs-

Kesimpulan dari studi yang telah dilakukan para ahli tersebut menunjukkan bahwa, tidak ada seorang pun yang bisa menjadi besar, hebat atau great person, tanpa bekerja.!!. Oleh karena itu, ketika anda meyakini bahwa dengan menekuni bidang tertentu dimana anda memiliki bakat alami, akan semakin membuat anda menjadi hebat, maka hal itu tidak akan pernah terjadi. Tidak pernah adabukti yang mendukung bahwa kinerja tingkat tinggi dapat dicapai tanpa pengalaman atau praktik.!!

KERJA KERAS DAN KONSISTENTSI

Salam berkelimpahan,

Semoga bermanfaat