Pikirkan ketika Anda berdiri dalam antrean panjang di dalam sebuah toko,

Bagaimana perasaan Anda ? Mungkin anda merasa frustasi, mungkin juga merasa bahwa perusahaan tidak menghargai Anda sebagai pelanggan. Pengalaman seperti ini dapat menyebabkan Anda untuk berpindah ke tempat lain. Jika pelanggan lain melakukan hal yang sama, masa depan perusahaan berada dalam kondisi yang berbahaya.

Sekarang pikirkan apa yang terjadi ketika Anda memiliki pengalaman layanan pelanggan yang positif. Anda akan merasa senang, kebutuhan Anda terpenuhi, Anda cenderung untuk kembali ke perusahaan di lain waktu, atau bahkan merekomendasikan hal ini kepada teman-teman Anda. Organisasi ini telah diuntungkan secara langsung. Uang yang Anda habiskan, bersama dengan pelanggan yang puas lainnya, akan membantunya berinvestasi dalam produk dan layanan baru untuk masa depan.

Membangun Keunggulan Kompetitif

Family shopping in department store

Pada artikel ini, kita akan melihat bagaimana Anda dan tim Anda dapat membangun dan memelihara hubungan pelanggan yang baik. John Kay, seorang profesor di London Business School, dia menyarankan agar perusahaan dapat membangun keunggulan kompetitif dengan mengembangkan hubungan pelanggan yang baik. Pelanggan yang baik menghasilkan pendapatan, tetapi mereka juga memberikan informasi berharga tentang kebutuhan pelanggan Anda. Jika perusahaan Anda dapat merespon kebutuhan ini, dan menjadi lebih kuat di masa depan.

Memahami Kebutuhan Pelanggan

Ada banyak strategi untuk membangun hubungan baik pada pelanggan yang dapat Anda lakukan untuk membangun hubungan positif dengan pelanggan Anda. Berikan orang-orang Anda ruang yang mereka butuhkan untuk memberikan layanan pelanggan yang hebat, dan mengukur kinerja mereka berdasarkan pada kepuasan pelanggan. Mengembangkan pola pikir yang berorientasi pada pelanggan: Anda harus memahami kebutuhan pelanggan Anda, dan Anda harus bekerja sangat keras untuk memenuhi. Hal ini penting, bahkan jika Anda tidak bekerja secara langsung dengan pelanggan.

Customers-relationship-edited

Setelah semua, Anda perlu memahami isu-isu yang dihadapi pelanggan Anda. Lakukan apa yang Anda bisa untuk mendukung mereka: misalnya, Anda bisa mengadakan pertemuan rutin untuk membahas umpan balik pelanggan, belajar dari itu, dan menyetujui langkah-langkah selanjutnya.

Pastikan bahwa Anda memahami apa yang pelanggan alami ketika mereka berurusan dengan organisasi Anda.

Bangun Kepercayaan dengan Pelanggan

kebutuhan konsumen

Buat Kepercayaan hubungan pelanggan yang baik dibangun atas mendengarkan hati-hati dan kepercayaan, seperti hubungan pribadi. Anggota tim Anda harus jujur, terbuka, dan transparan dengan pelanggan. Mereka dapat membangun kepercayaan dengan menjadi otentik. Bantu mereka untuk menunjukkan diri sejati mereka ketika mereka berinteraksi dengan pelanggan – misalnya, dengan menawarkan informasi tentang diri mereka sendiri bahwa mereka merasa nyaman berbagi. Jika anggota tim Anda membuat kesalahan, mendorong mereka untuk meminta maaf, menjelaskan dengan jujur apa yang salah, dan menebus kesalahan.

Bangun Team yang peduli dengan Pelanggan

kerjasama

Ketika orang-orang Anda membangun hubungan dengan pelanggan, hubungan akan menjadi kesenangan. Anggota tim akan menikmati berbicara kepada pelanggan, dan sebaliknya. Membantu anggota tim Anda menemukan sesuatu yang mereka memiliki kesamaan dengan setiap pelanggan. Kemudian mendorong mereka untuk mendengarkan pelanggan dengan empati. Ini akan memecah hambatan, dan menciptakan hubungan yang lebih tulus. Jika orang Anda perlu berurusan dengan pelanggan yang tidak senang. Pelanggan lebih mungkin untuk menerima permintaan maaf dan solusi jika mereka memiliki hubungan yang baik dengan orang-orang garis depan Anda.

Manfaatkan Media Sosial

Komunikasi yang jelas adalah kunci untuk hubungan yang baik, karena membantu orang membuat pilihan informasi. Memimpin dengan teladan dengan membuat pesan Anda sendiri to-the-point. Ingat juga, bahwa komunikasi dengan pelanggan harus dua arah. Mereka harus mampu untuk berhubungan dengan tim Anda dengan mudah, terutama ketika mereka memiliki masalah. Jadi, pastikan bahwa anggota tim Anda menyertakan rincian mereka dalam semua komunikasi mereka, dan bahwa informasi ini juga mudah diakses secara online. Anda mungkin ingin mengatur saluran komunikasi lainnya, seperti forum atau chatting online, sehingga pelanggan dapat terhubung dengan tim Anda dalam berbagai cara.

pelanggan-loyal

Saat ini, beberapa pelanggan memilih untuk menggunakan media sosial untuk berhubungan. Pastikan bahwa akun media sosial organisasi Anda dimonitor secara teratur, dan bahwa Anda menanggapi komentar – positif atau negatif – segera dan profesional. Pastikan bahwa anggota tim Anda tahu tentang diskon khusus, hadiah gratis, dan program loyalitas yang dapat mereka gunakan untuk menghargai pelanggan setia. Mendorong orang untuk datang dengan ide-ide mereka sendiri untuk hadiah pelanggan, juga. Ini dapat kecil tapi bermakna, misalnya, tulisan tangan ucapan terima kasih atau panggilan telepon biaya yang sangat sedikit, tapi bisa membuat kesan abadi.

Anda dapat menggunakan role play untuk menunjukkan bagaimana untuk membangun, memelihara, dan hubungan perbaikan. Biarkan anggota tim Anda bertindak keluar skenario yang menunjukkan apa yang bisa salah dalam interaksi, dan kemudian berlatih bagaimana mengubah situasi sekitar. Jika tim Anda berinteraksi dengan pelanggan setiap hari, perlu diingat bahwa hal ini dapat menguras, dan bahkan dapat menyebabkan kelelahan.

customer experience

Kunci Sukses Bisnis Anda

Kunci hubungan pelanggan yang baik adalah landasan bisnis yang sukses. Pesaing Anda mungkin dapat mencocokkan Anda pada harga, kualitas, atau daya tarik pasar, tetapi mereka akan berjuang untuk bersaing dengan Anda jika Anda memiliki hubungan pelanggan yang baik. Untuk membangun ini, Anda perlu memahami kebutuhan pelanggan, dan faktor mereka ke dalam rencana dan proses. Hubungan harus dibangun atas dasar kepercayaan, jadi pastikan bahwa Anda terbuka dengan pelanggan, dan bahwa Anda mendengarkan kebutuhan mereka. Dengan cara ini, Anda akan dapat membangun umpan balik mereka dan menanggapi secara efektif.