Banyak cara membuat pelanggan merasa senang, salah satu dengan memberikan pelayanan yang membahagiakan. Apa itu? Yaitu dengan melayani pelanggan dengan TEPAT dan BENAR dan meninggalkan “memorable customer experience (pengalaman pelanggan yang tak terlupakan)” yang positif. Bila dampaknya membuat mereka senang, akan meninggalkan kesan mendalam dan luar biasa didalam memori dan pengalamannya. Hakikatnya, orang yang kita layani, siapapun dan di mana pun adalah kita. Dibawah adalah 8 cara mendapatkan hati pembeli.

pembeli jatuh hati

  1. Senyum-Salam-Sapa bagi siapapun

Awal ketika memulai pelayanan adalah dengan komunikasi yang sehat dengan memberi senyuman, diikuti dengan salam “selamat pagi, siang, malam”, lantas jabat tangan dengan berkenalan nama. Memanggil nama membuat pembeli merasa lebih akrab dalam mengobrol dengan kita.

Langkah awal ini akan membentuk chemistry yang tepat, sehingga orang lain melakukan respons balik positif dan membentuk sikap kesadaran dalam pikiran dan hati setiap individu. Senyum, salam, dan sapa mencairkan kebekuan pada awal pertemuan dan membentuk persepsi bahwa setiap orang adalah subjek dan bernilai dalam kehadiran bersama.

  1. Mengutamakan kualitas sebelum kuantitas

Mana yang lebih penting apakah kualitas yang didahulukan atau kuantitas menjadi yang utama didalam dan diluar perusahaan.

Tentunya kalau ingin melayani yang lebih diprioritaskan terlebih dahulu adalah kualitas, kemudian diikuti dengan kuantitas.

Banyak perusahaan yang berhasil karena mampu konsisten meningkatkan aspek mutu yang menjadi landasan utama melayani customer. Setelah berhasil, maka aspek kuantitas dapat ditingkatkan dalam keseimbangan kinerja.

excellent-customer-service

  1. Perhatian detail di setiap bagian

Sebuah cerita seorang petugas cleaning service yang bekerja dengan tekun ditanya oleh pemimpinnya. Apa yang membuat para pemakai ruangan kantor tersenyum bahagia dan puas? Jawabnya sederhana, yaitu perhatian detail kepada semua bagian ruangan yang dibersihkan alias tanpa sampai, tanpa debu, tanpa noda, tanpa baud an ruangan tertata rapi.

Maknanya pekerjaan detail memerlukan sebuah perhatian yang ekstra, ketekunan dan ekstra konsistensi kepada para calon pembeli. Agar membuahkan kesuksesan untuk setiap pelayanan seterusnya.

  1. Berikan pelayanan memuaskan setiap hari

Seorang kurir jasa pengiriman masih tersenyum dan semangat dibawah terik matahari. Kemudian saya bertanya apa yang membuatnya tetap energik saat bekerja di cuaca panas?

Kemudian kurir itu mengatakan dia akan puas memberikan pelayanan kepada semua orang, jika paket kirimannya sampai ketujuan dengan benar dan diterima oleh penerima dengan baik pada hari tersebut.

Intinya kita harus memberikan pelayanan terbaik yang terus-menerus tanpa henti dan selalu memberikan kepuasan setiap hari. Karena pelayanan merupakan bagian dari ibadah kita sehari-hari.

  1. Buatlah pelayanan yang berbeda

Sheila Glazov penulis buku The Brain Color, mengatakan setiap orang memiliki warna otak yang berbeda yang menentukan karakter dan sikapnya. Itulah yang menyebabkan setiap profesi orang berbeda-beda. Tetapi tingkat kemampuan untuk melatih diri hamper sama sesuai dengan keahliannya.

Selalu melatih diri dapat membuat kita tampil berbeda dari waktu ke waktu, dan membuat orang lain merasakan perbedaan yang lebih baik dalam menikmati pelayanan yang kita berikan.

courier

  1. Rasa nyaman bagi customer itu penting

Pengalaman yang luar biasa dari seorang supir taksi di suatu kota. Sopir taksi mengatakan kepada saya untuk mengenakan seat-belt walaupun duduk di belakang. Dia berkata dirinya akan mengendarai dengan kecepatan yang dibutuhkan, tanpa terburu-buru, tanpa menyalip mobil lain, jika tidak perlu.

“Apakah itu akan membuat Anda nyaman?” tanyanya.

“Jika ya dan Anda tidak terburu-buru sampai tujuan, saya tetap mengutamakan keselamatan, kenyamanan, dan keamanan.” Itulah wujud suatu pelayanan yang luar biasa.

  1. Penampilan rapi itu perlu sekali

 Seorang salesman yang mendatangi calon pembelinya dengan berpenampilan rapi, bersih, tampak tegar dan bertutur sopan santun. Apa reaksinya? Pasti akan disambut dengan baik oleh mereka. Karena penampilan diri yang benar adalah bagian dari pelayanan kita kepada calon pembeli akan merasakan suasana kenyamanan dengan kehadiran kita.

loyalty-customer

  1. Saling membantu juga merupakan bagian dari pelayanan

 Seorang karyawan yang aktif bergerak. Saat rekan lainnya santai mengobrol dengan temannya, maka sang karyawan membantu temannya mengangkat barang, membagikan brosur kepada customer, dan mempersilakan mereka duduk. Dalam kesempatan lain, karyawan tersebut berbincang menjelaskan sesuatu customer dan membuat mereka senang dengan penjelasannya.

Dengan menunjukkan sikap kerja sama artinya kita peduli melayani dua pihak, yaitu tamu dan sekaligus kepada rekan kerja kita. Maka, persepsi positif dari sebuah kerja sama yang baik akan menghasilkan buah yang baik pula.

Pelayanan yang benar adalah kunci interaksi kita dengan siapapun baik pelanggan, orang lain, rekan kerja, atasan, keluarga dan orang-orang disekitar kita. Melayani berarti kita peduli dengan orang lain dan membuat mereka senang, apapun hasil akhirnya. Sikap melayani dapat kita tumbuh kembangkan dari hal kecil dan sederhana, karena merupakan pendidikan luar biasa untuk kehidupan.