Kita cenderung melihat pengusaha terkenal di dunia seperti Bill Gates, Jeff Bezos , dan yang lainnya memiliki sesuatu yang tidak kita miliki yang membuat mereka berhasil dan sukses dalam menjalankan usahanya. Padahal bukan karena mereka dilahirkan dengan sesuatu yang istimewa, mereka telah membudidayakan ke dalam diri mereka melalui cara dimana mereka ingin sukses. Para pengusaha sukses mendekatkan diri mereka masing-masing dengan menghabiskan waktu dengan bijaksana tidak seperti kebanyakan orang lakukan. Dalam melakukan kebiasaan tersebut, mereka mengatur diri mereka sendiri berbeda dari yang orang biasa lakukan dalam banyak cara, oleh karena itu dengan menemukan kenyamanan dalam melakukan cara tersebut, menjadi lebih efektif dan produktif.

Berikut 7 hal yang dilakukan Pengusaha sukses untuk membuat diri mereka lebih produktif :

  1. Makan makanan yang baik dan cukup

sarapan sehat

Berapa banyak dari diri kita membawa buah di pagi hari sebelum melakukan perjalanan untuk bekerja ?, Para pengusaha sukses tidak melakukan hal tersebut, mereka bangun pagi cukup awal setiap hari sehingga mereka dapat memulai hari mereka dengan sarapan yang sehat dan menikmati sarapan tersebut dengan baik.  Sarapan dengan buah-buahan, biji-bijian dan protein sangat bermanfaat bagi tubuh dan aktivitas keseharian anda, karena mereka sadar atas kesibukannya. Dengan mengkonsumsi makanan yang baik dan cukup saat sarapan di pagi hari, hal tersebut akan mencukupi kebutuhan hari anda dalam mempersiapkan hari yang sibuk.

  1. Membuat rencana

make a plan

Pengusaha sukses tahu persis apa yang akan mereka lakukan setiap hari dalam hidup mereka, dan mereka meluangkan waktu di malam hari untuk merencanakan kegiatan hari berikutnya. Banyak pengusaha yang membuat rencana yang terlalu banyak dalam satu hari. Namun, mereka melakukan hal tersebut sebagai rencana cadangan dengan memprioritaskan hal-hal penting yang harus diselesaikan pada hari-hari tertentu. Sehingga, dengan cara tersebut ketika ada kegiatan yang selesai lebih awal, mereka tetap memiliki kegiatan lain di dalam rencana cadangan mereka. Hal ini juga mempermudah para pengusaha dalam memiliki waktu yang bebas untuk beristirahat dan mengatur ulang jadwal dan pekerjaan yang harus diselesaikan lagi.

  1. Mereka menetapkan tujuan.

how-to-set-goals

Pengusaha sukses tahu persis apa yang akan mereka capai pada waktu tertentu sepanjang hari mereka, sebab itulah mereka memiliki rencana setiap hari. Tetap focus pada tujuan, dan menjaga pikiran saat bekerja agar tetap pada proyek-proyek tertentu yang sudah ditetapkan untuk diselesaikan. Menyisihkan gangguan, seperti email dan pesan teks ataupun social media sampai mereka menyelsaikan tugasnya. Mereka tidak pernah membiarkan ponsel maupun trend sosial media berdengung mengalihkan perhatian mereka dari tujuan yang akan dicapai.

  1. Memvisualisasikan

business-plan

Memvisualisasikan diri sendiri untuk selalu berhasil dalam setiap kesempatan, karena hal tersebut adalah bagian dari optimisme, motivasi dan realistis. Setiap tantangan optimisme membuat diri kita lebih percaya dalam menyelesaikan tugas apapun yang sudah ditetapkan terlebih dahulu, Karena mereka tahu akan kemampuan diri sendiri untuk melakukan hal tersebut. Memvisualisasikan ada banyak cara, seperti menulis daftar tujuan di atas kertas, atau sketsa gambar dari keberhasilan yang akan diraih ketika tugas mereka selesai dilakukan. Sehingga dengan cara ini, dapat membuat ide-ide abstrak muncul dengan cara yang mudah dan dapat dijangkau setiap saat.

  1. Katakan tidak

say no

Meskipun mungkin terkadang berpikir bagi pengusaha pemula untuk selalu terbuka dalam setiap ide-ide yang muncul dan hal ini benar-benar tak terbatas jika kita tidak berusaha mengontrolnya. Sebaliknya, sebagai pengusaha harus selektif dengan ide-ide mana yang memang seharusnya digunakan. Karena itu, belajar untuk mengatakan “tidak” untuk ide-ide yang kadang bermunculan tak terbatas baik dari diri sendiri maupun orang lain. Bahkan seorang Warren Buffet pun membuang uang dengan berinvestasi dalam ide yang buruk, dan tidak sedikit orang lain maupun teman yang membicarakan ide gila tersebut. Pengusaha sukses tahu kapan kesempatan diambil dan bagaimana akhir dari rencana mereka dalam jangka panjang.

  1. Menghargai waktu

waktu

Seorang pengusaha sukses tidak membuang-buang waktu mereka dengan hal yang bisa menghentikan mereka dalam mencapai tujuan mereka. Mereka lebih terbiasa menemukan jalan pintas untuk mengurangi waktu rutinitas sehari-hari untuk menyelesaikan hal yang lebih berharga. Mereka menyederhanakan proses agar produktivitas lebih tinggi dengan mencurahkan lebih banyak waktu dan energi pada pertumbuhan bisnis mereka

  1. Mendengarkan dan belajar

sharing

Para pengusaha pemula sampai pengusaha terkaya di dunia, mereka semua tetap akan sukses selama mereka menjadi pelajar seumur hidup dalam kehidupan mereka. Mereka aktif mencari bantuan, bimbingan dari seorang coach, mentor dan teman sebaya agar tetap menjaga pikiran mereka terbuka ketika datang sesuatu hal yang mendekati usaha atau bisnis mereka. Mereka tidak pernah berhenti membaca, menjaga pikiran tetap terbuka dengan trend dunia. Agar bisnis mereka tetap terus berkembang, karena satu –satunya cara mengetahuinya adalah dengan tetap menjaga hal tersebut tumbuh secara alami didalam diri mereka.