Dalam menjalankan bisnis apapun, kepercayaan adalah kunci sukses untuk meraih keberhasilan. Kepercayaan dari pelanggan dibutuhkan untuk terus mengembangkan bisnis Anda. Penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 83% konsumen akan dengan senang hati memberikan rekomendasi mengenai produk-produk yang mereka percayai.

Angka ini tentu berhubungan dengan jumlah persentase orang yang memutuskan untuk membeli sebuah produk berdasarkan rekomendasi dari orang lain. Jadi, bisa dikatakan bahwa kepercayaan menjadi salah satu kunci sebuah bisnis berhasil mendapatkan pelanggan setianya. Lalu bagaimana cara membangun kepercayaan pelanggan?

1. Membuat Tampilan yang Menarik

Pelanggan selalu menghubungkan merek dengan apa yang kita tawarkan. Jadi, usahakan untuk menampilkan gambar produk yang profesional dengan menempatkan logo pada setiap halaman dan menjaga agar format pada semua halaman tetap sama.

2. Menanggapi setiap Kritik dan Saran

Mendengarkan dan menanggapi setiap kritik dan saran dari pelanggan merupakan hal yang penting. Selain demi kelangsungan bisnis agar lebih baik, juga akan membuat pelanggan merasa dihargai. Jangan lupa berikan ucapan terima kasih ke pelanggan atas kritik dan saran yang mereka sampaikan.

3. Pastikan Proses Transaksi dengan Pelanggan

Pada saat proses transaksi, sebagai penjual, perlu menjelaskan bentuk dari proses transaksinya, baik itu dengan sistem transfer ataupun sistem cash on delivery (COD). Jika melalui proses transfer, maka Anda perlu meminta bukti pembayaran karena kasus penipuan tak hanya dialami para konsumen. Tidak sedikit para penjual yang tertipu. Setelah proses pembayaran berhasil, berlanjut pada proses pengiriman barang, informasikan kepada konsumen nomor resi dari barang pesanan mereka yang akan kita kirim.

4. Aktif di Media Sosial

Media sosial kini juga dijadikan sebagai sesuatu hal yang harus ada dalam sebuah bisnis. Pelanggan juga akan lebih mudah terhubung dengan Anda melalui media sosial. Karena orang akan lebih percaya perusahaan yang memiliki media sosial ketimbang yang tidak. Anda pun bisa berbagi informasi yang bermanfaat dengan pelanggan. Ini juga bisa menjadi cara untuk lebih dekat dengan pelanggan dan membangun kepercayaan mereka. Anda pun bisa membagikan tips dan trik melalui blog, media sosial, atau yang lainnya.

5. Hindari Proses yang Ribet

Kebanyakan pelanggan selalu menginginkan belanja online yang mudah dan cepat, tidak terlalu banyak proses yang harus dilakukan. Oleh karena itu, buat situs yang sederhana, mudah diakses, dan bisa menampilkan riwayat pembelanjaan pelanggan. Hindari terlalu banyak proses menuju halaman web atau terlalu banyak mengisi form, karena ini akan sangat mengganggu kenyamanan pelanggan.

Pastikan semua cara tersebut harus beriringan. Ketika satu cara dilakukan, sebaiknya imbangi dengan cara lain agar bisnis Anda tetap berjalan lancar dan makin berkembang.

5 Trik untuk Membangun Kepercayaan Pelanggan

Buat Anda yang ingin memahami lebih jauh bagaimana membangun kepercayaan pelanggan, ikuti seminar kami Be A Great Sales pada tanggal 23 Agustus 2017.

Kalau ingin tahu lebih banyak tentang seminar ini, hubungi nomor whatsapp 0811-265-2244.