Berbicara tentang trend sosial media saat ini, sangatlah luas dan tersebar. Konsumsi masyarakat di dunia online semakin beragam, serta lingkungan yang semakin kompetitif belum lagi dari jaringan televisi dan radio, mereka yang bersaing dalam bisnis online harus tetap up-to-date dengan hal baru dan aplikasi keren, tak jarang banyak yang berinvestasi dengan sumber daya yang menawarkan trend social media seperti tambah followers untuk beberapa aplikasi social media. Itupun kita harus pintar memilih mana yang lebih menguntungkan, aman dan berjangka panjang. Bagaimana kita melewati semua kekacauan di social media tersebut?, berikut trend social media dalam pandangan jangka panjang yang bakal mendominasi di tahun 2016.

  1. Memahami lingkungan

multi-channel

Bangunlah hubungan sosial yang strategis, saat ini hubungan sosial dapat berjalan dengan cepat salah satunya dengan social media, anda tidak perlu focus pada hal itu karena pada akhirnya, Kualitas akan menang dibanding Kuantitas. Jika anda hanya selalu memperkenalkan produk anda,  Seperti, Broadcast Message via Blackberry Messenger Produk Kecantikan, dalam 1 minggu dapatkan kulit cerah blabalbalablablabala….” , pesan tersebut seharusnya lebih dominan di tujukan kepada kaum wanita, akan tetapi terkadang mereka yang hanya ingin mudahnya saja, sepertinya malas untuk memilih siapa saja yang seharusnya ada di dalam list. Itulah yang dimaksud dengan “membangun hubungan sosial yang strategis” tidak hanya asal mengirim pesan, punya banyak followers atau kontak sosial media, akan tetapi ketahui dulu “SIAPA” sasaran kita, trend seperti apa yang mereka inginkan. Pengguna social media saat ini, semakin pintar dalam memilih dan memilah.

  1. Video

online-video-content-mareketing-gone-viral@x2

Saat ini video menjadi hal utama bagi calon pembeli untuk menentukan produk yang akan ia beli, review produk dari pelanggan yang lain maupun perusahaan menjadi hal utama bagi calon pembeli, mereka dapat mengenal lebih nyata dengan adanya video. Pengenalan produk lewat video memang menguntungkan, dari segi visual dan audio calon pembeli memperhatikan keduanya.

339221b

  1. Beli Sekarang juga

12344743-Buy-web-orange-buttons-for-website-or-app--Stock-Vector-buy-now-cart

Sudah banyak, website yang menjual produk secara online dilengkapi dengan tombol “BUY NOW” atau “Beli Sekarang Juga”, hal itu sangat mempengaruhi pelanggan dalam menentukan transaksi. Apalagi saat ini semenjak desain website berubah menjadi responsive jika diakses melalui telepon, calon pembeli menjadi lebih mudah mengaksesnya, aplikasi-aplikasi yang menjadi portal konten jual beli online semakin banyak, sehingga calon pembeli mulai mengabaikan keberadaan mall.

  1. dari Mulut ke Mulut

word_of_mouth_marketing

Tren ini memang sudah lama dikenal, akan tetapi di dunia digital saat ini hal tersebut menjadi “hartakarun” bagi para pengusaha yang menjual produknya secara online, seperti testimony pelanggan, review produk, dan sebagainya.Sekarang, strategi tersebut memiliki nama baru yang lebih keren yaitu “marketing influencer” kenapa, karena menurut penelitian 90% konsumen lebih percaya rekomendasi dari teman dan keluarga mereka.

  1. Real Time

how-to-determine-the-best-distribution-channels-for-your-content-compressed

Para pengguna social media sangat jeli dalam melihat info terbaru, oleh karena itu berusahalah selalu update informasi baik produk maupun layanan via social media. Pasar media sosial tahun 2016 mencapai titik perubahan, karena saat ini sosial media sudah dilengkapi dengan aplikasi video, siaran langsung, gambar dan aplikasi lain yang dapat menunjang seseorang dalam memberikan informasi. Selain real time, Viewer dan Follower social media memberikan tingkat kepercayaan tersendiri bagi calon pembeli.

 

 

Mobile-Devices