Apakah anda memiliki sedikit atau banyak uang, ada banyak hal yang dapat dilakukan oleh siapa saja untuk membantu meningkatkan status keuangan mereka. Meningkatkan keuangan anda bukan tentang membuat keputusan dalam kehidupan anda, Anda tidak perlu menjadi yang paling baik dalam mengatur informasi investasi anda atau membuat anggaran yang begitu ketat sampai anda berpuasa dan mengatur menu makanan anda. Pengelolaan uang yang sehat adalah tentang langkah-langkah kecil yang diambil untuk melindungi kesehatan keuangan anda yang lebih besar secara keseluruhan.

Akhir tahun adalah waktu yang kebanyakan orang berpikir tentang mengubah posisi keuangan mereka menjadi lebih baik. Jika anda tidak siap untuk resolusi besar dalam hidup anda, anda dapat membuat banyak kemajuan dengan membuat beberapa keputusan sederhana yang bertujuan untuk meningkatkan keuangan anda. Apakah anda sudah bersiap untuk membuat perubahan dalam meningkatkan keuangan anda di awal tahun ini ?

Berikut tips yang anda perlukan.

1. Dapatkan informasi

kondisi keuangan

Salah satu hal paling penting yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan posisi keuangan anda adalah informasi tentang keuangan. Anda tidak perlu menjadi seorang akuntan atau menemukan seorang guru keuangan. Ini semua tentang “Mendidik diri sendiri di tempat-tempat yang paling penting”, Proses menjadi lebih baik tentang informasi keuangan anda memiliki dua bagian.

Pertama, Memahami keuangan anda sendiri. Memiliki gambaran yang jelas tentang dimana anda saat ini berada adalah hal yang penting untuk menetapkan dan mencapai tujuan keuangan anda. Anda perlu tahu apa yang anda miliki, apa yang anda peroleh dan apa saja hutang anda. Pengetahuan dasar ini akan memiliki dampak nyata bagaimana anda melihat kondisi keuangan anda.

Percentage

Kedua, Tahu lebih banyak tentang dasar-dasar keuangan. Anda harus memiliki pemahaman tentang dampak dari utang baik dan utang buruk. Anda juga perlu tahu tentang bagaimana suku bunga dapat bekerja sama dengan anda dan melawan anda. Belajar tentang pilihan yang berbeda yang anda miliki untuk menyimpan uang adalah tempat lain yang baik untuk dimulai.

2. Jadikanlah Nyata, Capailah tujuan Anda

capai tujuan

Jika anda belum menetapkan tujuan, tidak akan ada waktu seperti saat ini untuk memulai melakukannya. Jika anda sudah menetapkan tujuan, tidak ada waktu seperti saat ini untuk mengukur kemajuan anda sehingga dapat meningkatkan keuangan anda.

Tujuan keuangan yang penting adalah ketika tujuan tersebut benar-benar meningkatkan keuangan anda, membuat segala sesuatunya bekerja dan juga memberikan suatu ukuran keberhasilan terhadap diri anda. Menetapkan tujuan adalah tentang pengaturan bagaimana tujuan tercapai, untuk melakukan ini. Anda harus spesifik dalam tujuan yang anda tetapkan untuk diri sendiri. Anda perlu tahu berapa banyak uang yang ingin anda simpan, dan bagaimana cara menyimpannya. Apakah anda ingin berhemat dalam pengeluaran sebulan atau anda ingin memotong pengeluaran untuk menyimpan biaya ekstra anda ?.

Dua jenis tabungan tersebut anda gunakan dengan metode yang berbeda untuk mencapai tujuan. Itulah kenapa membuat tujuan yang detil sangatlah penting. Jangan lupa untuk menjaga tujuan anda tercapai.

“Karena kegagalan dalam mencapai tujuan bukan hanya dalam hal keuangan anda tetapi sikap anda terhadap uang.”

3. Luangkan waktu anda

at the seaside

Meluangkan waktu adalah keputusan yang penting dalam keuangan anda. Roma tidak dibangun dalam satu hari dan rekening pensiun anda tidak akan menjadi baik dalam satu hari (instan). Meluangkan waktu untuk berpikir tentang kondisi keuangan anda adalah pendekatan yang penting dalam mencapai tujuan anda.

Pertama, Anda harus memastikan bahwa anda meluangkan waktu anda untuk berpikir tentang apa yang anda butuhkan sebelum anda membelinya. Hal ini membantu anda menyingkirkan dorongan untuk membeli barang-barang yang tidak begitu anda butuhkan yang menghabiskan uang dan kesehatan anda. Salah satu cara yang efektif adalah membuat daftar belanja yang membantu anda melihat apa saja yang benar-benar anda butuhkan.

Kedua, Luangkan waktu anda untuk membuat rencana keuangan. Ketika anda berjuang untuk mencapai tujuan, berikanlah waktu yang cukup untuk diri anda mencapai hal itu.

4. Hilangkan hal-hal yang tidak berguna

Tagihan-bulanan-yang-menggila

Setiap orang memiliki setidaknya satu tagihan yang harus mereka bayar setiap bulan untuk sebuah layanan tidak mereka gunakan. Seperti ikut dalam keanggotan Gym atau layanan berlangganan yang anda belum menemukan cara untuk keluar atau membatalkannya. Menghilangkan satu hal dari tagihan rutin bulanan anda dapat membuat perbedaan besar pada kondisi uang bulanan anda. Lebih penting lagi, hal tersebut mengajarkan anda bagaimana untuk melepaskan kebiasaan belanja yang tidak anda inginkan.

5. Persiapkan rencana tabungan otomatis anda

tabungan

Tabungan adalah hal yang penting namun tidak semua orang berpikir demikian. Anda dapat Membuat keputusan untuk mengotomatisasi rencana penghematan dan membantu anda untuk memastikan bahwa hal itu benar terjadi. Bahkan ketika anda hanya mentransfer uang sebesar Rp 300.000,- per bulan ke rekening tabungan anda, setiap hal tersebut membantu anda membangun sedikit demi sedikit keuangan anda.

Hal ini juga membuat anda lebih nyaman dalam menghemat uang. Mengambil langkah-langkah kecil tersebut dapat memberikan kemakmuran lebih lanjut dari apa yang pernah anda bayangkan. Ingat, bahwa anda memiliki kendali penuh dalam hidup untuk mengelola keuangan anda. Anda tidak perlu menyelesaikan segalanya hari ini karena hal tersebut hanya membuat diri anda tertekan dan stress, luangkan waktu anda untuk merencakan dan mencapai tujuan anda.

Selamat Mencoba, Semoga sukses

Salam Berkelimpahan

Dikutip dari lifehack.org (by Michael Prywes)