Jika anda mencari kisah sukses para pemilik usaha kecil di internet, akan  ada ratusan cerita-cerita yang berbeda tentang bagaimana mereka menjadi sukses.

Menjalankan sebuah usaha kecil tentu dengan tanggung jawab yang besar yang terkait dengan mengurus investor dan karyawan, melayani klien atau pelanggan dan yang paling penting adalah sesuai dengan tujuan dan standar yang sudah ditetapkan. Memulai dan menjalankan bisnis baru sudah pasti ada penghalang jalan yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya seperti, waktu yang terbatas, tenaga kerja, dan anggaran.

Dengan tim yang solid dan alat yang tepat, Anda akan segera berada pada jalan dimana anda akan mencapai potensi bisnis anda, Untuk membantu menemukan cara bagaimana menjadi pemilik usaha kecil yang sukses, berikut daftar lima keterampilan penting yang harus dimiliki bagi para pemilik usaha agar sukses :

  1. Tersusun

agenda

agenda

Contoh sederhana dari hal diatas adalah, buatlah daftar belanja agar anda dapat mendapatkan semuanya dalam satu perjalanan. Demikian pula, anda harus berusaha untuk mengkonsolidasikan tugas dan tugas – tugas bisnis anda, maupun tugas kelompok yang bertujuan untuk mencapai mereka pada hari tertentu atau pada waktu tertentu. Misalnya, anda dapat menjadwalkan untuk melihat email pada pagi dan sore hari, sehingga anda dapat focus pada tugas-tugas penting lainnya untuk diselesaikan.

  1. Aktif dalam memberikan informasi

information

Untuk membuat keputusan bisnis yang tepat dengan tim anda tentu harus memiliki semua informasi tentang pasar, pelanggan, pesaing dan proses bisnis anda. Menempatkan tima anda dalam situasi dimana mereka harus berburu informasi yang diperlukan tentu membuat kinerja dalam bisnis anda tidak produktif, sehingga tim anda menjadi frustasi dan kurang akurasi. Sebagai imbalannya, mereka akan lebih memilih untuk menebak dibanding mencari informasi. Oleh karena itu, kelola dan gunakan informasi dengan efektif karena hal ini penting dalam mengemudikan bisnis dan merampingkan operasional data. Pikirkanlah, apa saja informasi yang diperlukan oleh tim anda, sistem apa yang akan anda berikan agar tim anda dapat mendapatkan informasi yang diperlukan.

  1. Online

email

Manfaatkan dunia digital saat ini, perangkat lunak secara signifikan meningkatkan efisiensi usaha bagi para pebisnis. Sehingga memberikan kemungkinan untuk anggota tim dapat mengakses informasi darimana saja. Hal ini membuat mudah bagi tim maupun bisnis anda dalam melakukan penjualan.

  1. Motivasi Tim

School Children in Physical Education Class --- Image by © Royalty-Free/Corbis

School Children in Physical Education Class — Image by © Royalty-Free/Corbis

Menjadi pemimpin dalam bisnis adalah keterampilan penting kunci kesuksesan sebuah bisnis. Untuk mendapatkan yang terbaik dari anggota tim, sebagai seorang pemimpin tentu harus memotivasi dan memperkuat tim. Keberhasilan bisnis anda akan tergantung pada sebagian besar semangat dan produktivitas karyawan anda, dan anda bertanggung jawab untuk memastikan bahwa mereka mendapatkan apa yang mereka butuhkan ( baik moral maupun materi ) untuk melakukan pekerjaan mereka sehingga anda harus siap dan bersedia untuk mengetahui kekhawatiran dari staff anda.

  1. Daftar kinerja

Daftar kinerja sangat penting untuk menetapkan tujuan bisnis dan tujuan untuk perusahaan anda dan mengukur kemajuan bisnis anda. Sebagai pemilik bisnis, anda harus menetapkan pengukuran khusus yang menunjukkan kinerja bisnis anda terhadap tujuan yang ditetapkan. Mengukur dan melacak kinerja binsis akan mengidentifikasi masalah dan faktor-faktor keberhasilan yang akan memajukan kinerja organisasi secara keseluruhan.