iBiz COACH : 4 Tipe Sales Dalam Bisnis.

Disuatu bisnis atau perushaan hampir tidak mungkin tidak ada bagian sales, karena sales adalah ujung tombak perusahan serta usaha, sales juga sangat berperan penting didalam kenaikan omset suatu perusahaan. 

Sales juga yang berperan apakah omset bisa naik atau bisa turun, namun apa yang terjadi didalam suatu perusahaan jika sales Anda letoy tidak bersemangat dan hanya nato atau not action talk only  atau hanya banyak bicara saja.

Oleh karenanya Anda harus mengenal tipe-tipe sales  Anda.

4 Jenis Tipe Sales Dalam Bisnis

Tipe sales ada 4 yaitu ordertaker ,product pusher, overseller atau yang ke 4 type problem solver.

Order taker

Umunya jenis sales ini pasif tidak aktif apalagi proaktif dia selalu menunggu-nunggu dan menunggu saja order yang masuk type sales ini kebanyakan mempunyai produktivitas yang rendah karena kepasifan dirinya.

Apa yang terjadi jika perusahaan Anda sedang membutuhkan omset yang tinggi-tingginya namun sales order taker ini hanya menunggu saja? Tentulah omset Anda tidak akan naik apalagi berkembang.

Product pusher

Type sales ini sangat banyak berbicara kepada konsumen bahkan konsumen tidak diberikan kesempatan untuk bertanya apapaun, sales product pusher umunya sangat tidak disukai oleh konsumen dengan terlalu banyak bicaranya didepan umum.

Bayangkan jika ada seorang sales menawarkan suatu barang kepada Anda selama berjam-jam namun Anda tidak diberi kesempatan untuk bertanya, apakah tipe sales ini menarik dimata Anda?

Tentu tidak, malah kebanyakan Anda tidak suka bukan, mereka tidak tahu apa yang Anda perlukan namun menawarkan produknya secra terus menerus.

Overseller

Tipe sales jenis ini sangat banyak menjanjikan apapun sehingga konsumen dibuat terpukau namun kebanyakan tipe seller bahkan mengumbar janji -janji namun tidak sesuai dengan kenyataan. 

Tipe sales ini sangat banyak kita temui bahkan bisa dibilang menjamur di Indonesia, tipe sales jenis ini sangat sulit berkembang jika tidak merubah strategi cara berjualannya dengan baik.

Problem solver

Nah tipe sales jenis ini adalah tipe sales yang diidam-idamkan pelanggan, selayaknya semua sales wajib memiliki sikap sepertii ini, sebelum dia menjual, dia menggali terlebih dahulu apa yang konsumen benar-benar butuhkan.

Umunya jenis tipe sales ini tidak banyak bicara malahan menjadi pendengar yang baik, dan bahklan menjadi seorang konsultan, memecahkan semua masalah Anda.

Memecahakan semua problem kebutuhan hidup Anda, setelah itu barulah dia menjual barang sesuai dengan apa yang diperlukan oleh konsumen.

Untuk lebih mendalam mengenal tipe jenis sales Anda bisa mengikuti workshop kami yaitu Profit Booster dan Be A Great sales dengan mengklik link berikut https://ibizcoach.com/be-a-great-sales-profit-booster/