Sejak awal membuka bisnis tentu Anda sudah memetakan siapa saja yang akan jadi kompetitor Anda. Bisnis dalam bidang apapun pasti memiliki kompetitor untuk memperebutkan pasar.

Kalau Anda ingin memenangkan pasar, tentunya Anda harus memiliki keunggulan dibanding mereka. Ini penting agar lebih mudah menghadapi kompetitor tersebut. Jadi, bagaimana caranya menghadapi kompetitor Anda?

1.Stalking Media Sosial

Anda pasti sudah banyak merasakan efek dari media sosial yang tidak lain merupakan etalase bagi Anda untuk menampilkan produk yang Anda jual. Media sosial itulah yang bisa menarik calon konsumen.

Ketika kompetitor Anda berjualan di media sosial, Anda bisa stalking aktivitas di akun media sosial mereka. Perhatikan bagaimana mereka beriklan, bagaimana desain kemasan mereka, dan bagaimana mereka berinteraksi dengan para konsumen.

2.Membeli Produk dari Kompetitor

Membeli produk dari kompetitor juga penting untuk mendorong Anda untuk berinovasi ke depannya. Cara seperti ini terbukti efektif untuk ‘mempelajari pergerakan’ sekaligus mencari celah bisnis kompetitor. Sesekali Anda perlu mengutus salah satu tim Anda untuk mencoba produk kompetitor sekaligus mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang mereka saat membeli produk.

3.Survei Melibatkan Konsumen

Untuk menghadapi kompetitor, Anda juga bisa melibatkan konsumen. Ini bisa dilakukan melalui survei secara online maupun offline. Agar lebih objektif, Anda bisa melakukan survei dengan tidak membuka identitas Anda ke konsumen tersebut.

Yang pasti saat mereka meyinggung produk Anda atau pun produk kompetitor, di saat itulah informasi berharga bisa Anda peroleh untuk pengembangan bisnis dan perusahaan  Anda.

4.Aktif di Komunitas Bisnis

Aktif dalam forum atau komunitas bisnis tentunya memberi banyak manfaat. Dalam hal ini, salah satu cara yang tak kalah penting untuk menghadapi kompetitor adalah berkumpul dengan sesama pelaku usaha, khususnya di bidang sejenis.

Dengan aktifnya Anda di dalam forum atau komunitas bisnis itu, Anda bisa lebih mudah mendapatkan informasi tentang kompetitor Anda. Yang lebih penting, Anda bisa bertukar pengalaman dan saling memotivasi sehingga tercipta kompetisi bisnis yang sehat.

4 Hal Penting untuk Menghadapi Kompetitor Bisnis

Bagaimanapun, adanya kompetitor dalam bisnis memang tidak bisa terhindarkan. Jadi Anda tidak perlu terlalu khawatir karena persaingan adalah hal yang wajar dalam bisnis apapun. Yang perlu Anda lakukan hanya melakukan yang maksimal yang bisa Anda lakukan untuk bisnis Anda.

Masalah menghadapi kompetitor memang tidak bisa terhindarkan. Salah satu aspek penting yang perlu ditata adalah Sumber Daya Manusianya, karena untuk menyikapinya itu butuh strategi dari orang-orang yang menjalankan bisnis tersebut.