Mengelola Karyawan

Bagi pemilik bisnis dari yang kecil hingga yang besar, tentu harus memiliki bakat dalam menemukan, memelihara dan mempertahankan sumber daya dalam bisnisnya, termasuk sumber daya manusia. Bagaimana cara agar dapat tepat dalam mengambil keputusan?

Menurut beberapa survei dari para pengusaha yang sukses dalam strategi membangun tim mereka, Salah satu dari mereka mengatakan bahwa, untuk mendapatkan orang yang tepat SAMA PENTINGNYA dengan memiliki sebuah visi yang memastikan bahwa dana dalam bisnis dapat mencukupi pengeluaran bisnis.

teamwork Para pemilik bisnis baik dari kalangan bisnis kecil, menengah maupun sampai besar memiliki tiga tugas utama untuk memastikan bahwa mereka mendapatkan orang yang tepat dengan peran yang tepat pula dalam mengelola dana perusahaan, sehingga memiliki dan memandu visi  secara jangka panjang pada bisnis yang dijalani. Biarkan tim anda melakukan pekerjaan terbaik mereka.

 Bagaimana agar tim anda dapat melakukan hal terbaik mereka?,

 Pertama, Pastikan karyawan anda memiliki bakat yang tepat

 ikercassilas

 Bila anda memiliki tim yang terdiri beberapa orang, maka setiap orang tersebut memiliki dampak proposional yang besar pada bisnis anda, Namun ketika anda berbicara tentang karyawan penuh waktu atau kontraktor, tentu anda perlu menemukan orang-orang yang dapat membantu memberikan yang terbaik untuk pertumbuhan perusahaan anda.

“Ketika anda berpikir yang anda butuhkan adalah uang untuk memberikan GAJI yang lebih kepada karyawan pemegang kunci, ketika pada kenyataannya yang anda butuhkan bukan hanya satu orang, karena seharusnya yang anda butuhkan adalah daftar kesuksesan dan pencapaian anda yang dapat dicapai oleh tim anda, bukan hanya dari kemampuan satu orang saja”.

karyawan-facebook

Tentukan daftar pencapaian dan kriteria yang dibutuhkan dalam bisnis anda, ketika anda melakukan perekrutan karyawan, pemeriksaan, wawancara anda sudah memiliki beberapa kandidat yang menjadi kriteria dalam pikiran anda.

INGAT, ketika anda mempekerjakan seseorang untuk mengatasi kekurangan dalam bisnis maupun keahlian tim anda itu adalah proses yang berkelanjutan, BUKAN hanya suatu hal yang dapat anda lakukan hanya karena anda memiliki CUKUP uang untuk memberi GAJI. Karena hal tersebut membantu anda melakukan penilaian apa yang tim anda mampu lakukan dan tidak, sehingga anda dapat melakukan inisiatif yang lain untuk mendukung kebutuhan BISNIS anda.

 Kedua, Ciptakan BUDAYA (lingkungan) saling percaya dan menghormati, sehingga setiap orang dapat melakukan pekerjaan terbaik mereka.

team-workBerdayakan tim anda untuk membuat sebuah keputusan, berikan mereka kebebasan dan saling menghormati  karena mereka perlu melakukan pekerjaan terbaik mereka dan meminta pertolongan pada rekan satu timnya.

 Pertanyaan ajaib dari seorang pemilik bisnis kepada karyawan mereka adalah “ Bagaimana saya dapat membantu anda?, itu salah satu contoh pertanyaan memberdayakan tim anda untuk mengevaluasi dan mengungkap isu-isu yang belum diketahui sebelumnya. Dari sana pemilik bisnis dapat membantu meberdayakan karyawan untuk mengevaluasi akar penyebab masalah dan mengantisipasi agar tidak terjadi lagi.

 working-people

Seorang pengembang software dan pemilik toko IT, Michael Branco menggarisbawahi pentingnya mempercayai staff dengan aspek yang paling penting dari sebuah bisnis adalah HUBUNGAN dengan PELANGGAN.

“Keberhasilan bisnis kami tergantung pada staff kami” kata Branco. “ini mungkin terdengar kuno, namun staff dan layanan pelanggan yang besar adalah kunci keberhasilan.”

 Pendiri Huntley Wealth & Asuransi Jasa, Chris Huntley mengatakan bahwa “Kualitas orang (karyawan & staff) menentukan bagaimana perusahaan tersebut tetap hidup”. Betapa pentingnya untuk menciptakan lingkungan yang saling percaya dan menghormati.

 Dan yang ketiga, adalah

menginvestasikan waktu dan pikiran anda untuk mengembangkan proses untuk membantu orang-orang (dalam perusahaan anda) mencapai setiap hal se-efisien mungkin.

Bahkan orang yang paling berbakat menjadi frustasi jika mereka harus memecahkan masalah yang sama berulang-ulang. Dan proses disini adalah kunci pertumbuhan, karena mereka dapat membuat lebih mudah ketika proses yang terjadi memberikan kontribusi baru untuk perusahaan tempat mereka bekerja.

waktu-adalah-pertanggungjawabanPROSES adalah hal penting untuk mempertahankan pertumbuhan perusahaan sehingga dapat mengelola tugas-tugas bisnis baik yang utama maupun yang lain. Ketika proses berada pada tempat yang seharusnya, mereka akan mengisi peran mereka masing-masing untuk mengelola proses-proses tersebut agar terus tumbuh dan tumbuh lebih cepat dikarenakan lebih efisien.

 “ Bagaimana menyelamatkan waktu yang terbuang sia-sia untuk melakukan suatu proses yang memakan banyak waktu ?”

 Itulah, prinsip-prinsip yang wajib diketahui bagi para pemilik bisnis.

 Ketika anda memulai sebuah bisnis, dibutuhkan waktu untuk mencari tahu apa saja kombinasi dari produk, jasa, harga dan proses yang tepat untuk melakukan kinerja terbaik dan memberikan hasil terbaik.

 Semoga bermanfaat, Salam Berkelimpahan