Semua orang tahu bagaimana cara untuk menjaga kesehatan, seperti dengan olahraga, makan yang sehat dan tepat dan menjaga kesehatan mental positif (tidur, stress, dll).

3 hal diatas sangat banyak orang yang mengerti untuk sekedar menjaga kesehatan,

tetapi 3 hal untuk sukses mengelola keuangan sangatlah sedikit orang mengetahuinya. Dan setelah membaca artikel ini maka akan sangat jelas untuk pengelolaan aspek keuangan Anda.

Tidak membedakan Anda seorang individu, perusahaan, maupun pegawai negeri. Hanya ada 3 kunci sederhana yang menjadikan kesuksesan dalam pengelolaan finansial, yaitu :

Aturan 1 : Atur pendapatan dan pengeluaran Anda

Ini jelas kunci utama meraih kesuksesan. Semua orang tidak pernah lepas dengan kebutuhan hidupnya. Dan kebutuhan manusia itu tak akan terpenuhi, selalu dan selalu menginginkan kebutuhan lainnya. Jelas, semuanya akan menghabiskan lebih banyak uang dari pada menghasilkan uang.

Bukti ini sangat jelas bahwa seseorang yang membawa kartu kredit atau uang cash yang lebih, pasti selalu ada bujukan untuk mengurangi jumlah uang yang dibawanya.

Masalah sebenarnya adalah, bahwa ini (pengeluaran yang berlebihan dan penghasilan yang sedikit) tidak akan berlangsung selamanya. Akan datang waktu dimana pinjaman akan habis, ketika investor Anda tidak akan mendanai lagi perusahaan Anda, ketika berbagai tagihan datang. Sehingga sangat perlu menjaga keseimbangan Income dan outcome finansial Anda.

Kebanyakan pemula bisnis kecil sering gagal memahami peraturan nomor 1 diatas. Karena menurut beberapa penelitian sebanyak 77% dari pemilik usaha kecil berinvestasi penuh dengan uang yang dimilikinya.

Mengapa itu terjadi? Mari kita lanjutkan membacanya..

Aturan 2 : Investasikan perbedaan

Sebagai founder bisnis hal ini mudah dimengerti tetapi tidak mudah untuk dilakukan. Kurang dari 7% pebisnis yang menginvestasikan uang untuk bisnis mereka. Mereka memahami bahwa untuk mengembangkan bisnis mereka, harus membeli peralatan baru, berinvestasi dalam pelatihan/training, dan mempekerjakan orang-orang baru.

Masalah dari pengusaha sekarang ini memulai aturannya dari nomor 2 bukan dimulai dari nomor 1. Maka ada dalam pikiran Anda, investasi yang menghasilkan keuntungan atau keuntungan yang menghasilkan uang untuk investasi?

Baca juga : Tips Merancang Anggaran Pribadi

Aturan 3 : Memahami dimana Anda berada dan cara menghabiskan uang.

uang

Salah satu alasan tingkat perceraian keluarga yang tinggi yaitu bukanlah dari sudut ketidakharmonisan hubungan pasangan tetapi stres tentang keuangan keluarga.

Telusuri finansial Anda seberapa dengan neraca pribadi Anda (penghasilan Anda dikurangi dengan hutang yang dimiliki) akan menghilangkan stres tentang finansial pribadi Anda. Juga lakukan hal yang sama untuk bisnis Anda, dengan menelurusi finansial perusahaan agar mengurangi stres di kantor.

Maka sangat jelas dan sangat sederhana, dari kebanyakan orang mengikuti aturan-aturan sederhana. Jika Anda ingin sukses dan terbebas dari stres keuangan, ikuti 3 aturan diatas.

via : forbes.com